3 Jenderal Angkatan Darat yang Kuasai Cabang Olahraga di Indonesia

  • Sejumlah pejabat tinggi setingkat jenderal TNI di Tanah Air sempat berlomba-lomba merebut kursi ketua umum cabang olahraga Tanah Air.
  • INDOSPORT berhasil merangkum tiga jenderal angkatan darat republik Indonesia yang pernah dan hingga kini masih menjabat sebagai ketua umum cabang olahraga.
Rabu, 6 Desember 2017 12:47 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Imam Nahrawi (kiri) berjabat tangan dengan Edy Rahmayadi. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Imam Nahrawi (kiri) berjabat tangan dengan Edy Rahmayadi. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Dalam sejumlah kesempatan, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi seringkali mengingatkan bahwa kepengurusan cabang olahraga di Tanah Air ada baiknya tak dipegang oleh pejabat negara, sehingga mereka menjadi rangkap jabatan.

Terlebih lagi, untuk menjalani kepengurusan sebuah cabang olahraga, dibutuhkan fokus serta konsentrasi yang tinggi, dan tidak dapat dilakukan dengan setengah hati. Ada tanggung jawab besar yang mesti dipegang oleh ketua umum setiap cabang olahraga. 

Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD), Edy Rahmayadi. Copyright: IstmewaPanglima Komando Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD), Edy Rahmayadi.

Namun, di Indonesia tercatat sejumlah pejabat negara, baik dari tingkat struktur pemerintahan daerah hingga pusat berlomba-lomba untuk mengajukan diri memimpin sebagai ketua umum cabang olahraga tanah air. 

Meski seperti yang tertera di aturan internal pejabat daerah, bagi pejabat publik maupun pejabat struktural pemerintahan dari tingkat pusat hingga daerah sebaiknya tidak melakukan rangkap jabatan yang menyebabkan adanya kesulitan di kemudian hari bagi pemerintah. 

Kondisi tersebut nampaknya tak menjadi halangan bagi para pejabat negara untuk tetap berkecimpung dalam pemerintahan sekaligus memimpin cabang-cabang olahraga yang ada di Indonesia.

Minat tersebut juga datang dari deretan pejabat hukum sekelas TNI. Bahkan sederet pejabat berpangkat jenderal pun sempat pernah hingga masih hingga kini turut serta turun tangan memegang jabatan sebagai ketua umum di sejumlah cabang olahraga Tanah Air.

Berikut INDOSPORT berhasil merangkum tiga jenderal angkatan darat republik Indonesia yang pernah dan hingga kini masih menjabat sebagai ketua umum cabang olahraga besar di Indonesia: