Federasi Futsal Indonesia: Klub Promosi Harus Siap Lahir Batin

Senin, 18 Desember 2017 21:17 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Empat tim baru yakni Deking's Halus, Dumai FC, DLS FC Banyumas, dan FC Binjai sudah dipastikan main ke kasta atas liga futsal Tanah Air, Pro Futsal League (PFL)2018. Oleh sebab itu, pihak Federasi Futsal Indonesia (FFI) kemudian memberikan peringatan tegas.

Sekjen FFI, Edhi Prasetyo mengatakan semua klub promosi harus melengkapi data dan dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan untuk berkompetisi di PFL 2018. Selain itu, ia juga mengingatkan agar peserta harus siap lahir batin dalam artian keuangan dan mental tim, lantaran persaingan di kasta atas sangat ketat dan kejam.

"Paling lambat 10 Januari semua klub harus melengkapi semua dokumen, semua hal termasuk kontrak pemain dan sebagainya," ucapnya ke INDOSPORT.

© SURYAKABAR
Edhie Prasetyo, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Federasi Futsal Indonesia (FFI). Copyright: SURYAKABAREdhie Prasetyo, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Federasi Futsal Indonesia (FFI).

"Untuk liga pro setelah selesai Linus (liga nusantara) sudah bisa melakukan kegiatan di transfer window. Level pelatih harus disetarakan sesuai regulasi, dan catatan untuk tim promosi, jika mau datangkan pemain asing harus sudah punya jam terbang di Timnas"sambungnya.

"Harus siap lahir batin karena di liga pro pasti lebih berat. Jangan sampai terdegradasi," tegas Edhi.

Sebagai informasi, drawing babak grup untuk PFL 2018 sudah dilakukan. Dalam pengundian itu, dua tim promosi yakni DLS FC Banyumas dan SDR FC Binjai mendapat tempat di grup B. Sedangkan dua lainnya, Deking's Halus dan Dumai FC masuk grup A.

Melihat kondisi tersebut, bisa dikatakan DLS dan Binjai seperti tidak beruntung. Pasalnya kedua klub tersebut itu harus bekerja ekstra keras karena di grup A merupakan grup Neraka karena diisi dua tim yang pernah meraih gelar juara liga yaitu Black Steel Manokwari dan IPC Pelindo II Jakarta.

© INDOSPORT/Petrus Manus Da
Dekings jadi juara Liga Futsal Nusantara 2017. Copyright: INDOSPORT/Petrus Manus DaDekings jadi juara Liga Futsal Nusantara 2017.

Selain itu ada juga tim-tim dengan pemain pengalaman dan persiapan yang panjang seperti Permata Indah Manokwari, Bintang Timur Surabaya, Kancil BBK Pontianak dan Mataram FC NTB.

Sementara itu, untuk Dumai FC dan Deking's, mereka akan menghadapi SKN FC Kebumen, Giga FC Kota Metro, Antam FC Jakarta, SFC Planet Sleman, APK Samarinda dan Vamos Mataram.

Berikut hasil lengkap pembagian Grup PFL 2018:

Grup A

SKN FC Kebumen
Giga FC Kota Metro
Antam FC Jakarta
SFC Planet Sleman
APK Samarinda
Vamos Mataram
Dumai FC
Deking's Halus

Grup B

Permata Indah Manokwari
Bintang Timur Surabaya
Black Steel Manokwari
Kancil BBK Pontianak
IPC Pelindo II Jakarta
Mataram FC NTB
DLS FC Banyuwangi
SDR FC Binjai