Pelatnas Hanya Fokus Asian Games 2018, Cabor Keluhkan Nasib Miris

Jumat, 29 Desember 2017 17:31 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Rizky Pratama Putra
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla didampingi Menpora, Imam Nahrawi, Ketua INASGOC, Erick Tohir, dan Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari foto bersama dengan atlet peraih medali SEA Games dan Asean Games 2017. (INDOSPORT/Herry Ibrahim) Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla didampingi Menpora, Imam Nahrawi, Ketua INASGOC, Erick Tohir, dan Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari foto bersama dengan atlet peraih medali SEA Games dan Asean Games 2017. (INDOSPORT/Herry Ibrahim)

Kemenpora rupanya telah menyiapkan anggaran yang akan difokuskan khusus untuk pembinaan atlet mempersiapkan laga mereka di Asian Games 2018. Namun nyatanya hal tersebut tak dibarengi rencana pembinaan berkelanjutan pasca event.

Hal tersebut pun turut dikeluhkan oleh sejumlah wakil pengurus besar cabang olahraga usai mengikuti proses verifikasi di Kemenpora pada 27-28 Desember lalu. Terdapat sejumlah keputusan kemenpora yang dianggap berseberangan dengan pandangan pengurus cabor. 

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla memberikan simbolis bonus kepada atlet peraih medali SEA Games 2017 lalu. (INDOSPORT/Herry Ibrahim) Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimWakil Presiden RI, Jusuf Kalla memberikan simbolis bonus kepada atlet peraih medali SEA Games 2017 lalu. (INDOSPORT/Herry Ibrahim)

Keputusan yang dimaksud adalah soal fokus alokasi anggaran dari Kemenpora. Anggaran untuk pelatnas, seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewabroto, fokusnya semua untuk Asian Games 2018, bukan untuk pembinaan biasa. 

Lain halnya dengan para pengurus cabang olahraga yang ada mengungkapkan bahwa seharusnya pembinaan atlet diberikan secara berjenjang serta berkelanjutan, meski Asian Games 2018 sendiri nantinya telah usai. 

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Wakil Presiden RI, Resmikan Hitung Mundur Asian Para Games 2018. (INDOSPORT/Herry Ibrahim) Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimWakil Presiden RI, Resmikan Hitung Mundur Asian Para Games 2018. (INDOSPORT/Herry Ibrahim)

"Pembinaannya kan tetap harus dari sekarang. Kami tidak berpikir hanya Asian Games. Inilah yang kami sayangkan karena pemerintah ternyata berpikirnya masih parsial," ungkap Wakil Ketua Umum II PB Federasi Panjat Tebing Indonesia Pristiawan Buntoro, dikutip dari Harian Kompas.

Terkait anggaran pembinaan setelah Asian Games 2018, Pristiawan sendiri bersama cabor yang lain masih belum tahu kelanjutannya dan menjadi tanda tanya bagi pihak mereka sendiri. "Kami juga tidak tahu bagaimana setelah Asian Games selesai. Apa ada anggaran lagi atau tidak, kami belum tahu," ungkapnya lagi.