Cabor Ancam Tarik Target Jika Anggaran Pelatnas Asian Games 2018 Dipangkas

Rabu, 3 Januari 2018 14:31 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Wakil Presiden RI, Resmikan Hitung Mundur Asian Para Games 2018. (INDOSPORT/Herry Ibrahim) Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Wakil Presiden RI, Resmikan Hitung Mundur Asian Para Games 2018. (INDOSPORT/Herry Ibrahim)

Pemotongan anggaran Pelatnas Asian Games 2018 masih mengundang keresahan di antara induk-induk cabang olahraga. Kegelisahan tersebut pun akhirnya melahirkan sebuah ancaman keras kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk tidak memasang target dalam medali.

Salah satu cabor yang mengancam akan menarik target mereka adalah bridge. Mereka akan menarik dua target medali emas mereka jika benar anggaran pelatnas yang sebelumnya diajukan ditolak oleh Tim Verifikasi Anggaran. 

© Internet
Caption Copyright: InternetBridge

"Saya tidak mau berkonfrontasi soal pemotongan anggaran pelatnas bridge Asian Games 2018. Makanya, saya tidak berani menjamin target dua medali emas jika dana yang diajukan tidak terpenuhi," ungkap Ketua Umum Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (PB Gabsi), Eka Wahyu Ningsih, dikutip BeritaSatu.

Menjelang dilaksanakannya Asian Games 2018, PB Gabsi sendiri mengajukan 23 miliar Rupiah sebagai anggaran yang mereka ajukan. Dana itu nantinya akan mereka gunakan untuk 23 atlet pelatnas bridge. Namun, Kemenpora nyatanya hanya menyediakan dana pelatnas Asian Games 2018 sebesar 9,3 miliar Rupiah untuk 12 atlet.

© ayooberita
Test Event Cabor Bridge untuk Asian Games 2018 Copyright: ayooberitaTest Event Cabor Bridge untuk Asian Games 2018

"Bridge itu bukan cari uang, tetapi cari medali emas yang akan disumbangkan bagi kontingen Indonesia di Asian Games 2018 nanti," kata Eka lagi soal penolakan jumlah anggaran yang diajukan kepada Kemenpora tersebut. 

Tuntutan Eka memang masuk akal, mengingat PB Gabsi menggunakan pelatih dunia asal Kanada, Erick Kokish dan mengirimkan atlet mengikuti kompetisi di Amerika dan Eropa.Dana pelatnas yang diajukan ke Kemenpora sebesar Rp 23 miliar itu menurutnya sudah akurat.

Di sisi lain, kontingen Indonesia menargetkan mendulang banyak medali emas pada Asian Games 2018 mendatang. Hal itu sebagai pengejawantahan target Indonesia untuk finis di 5 besar klasemen akhir Asian Games 2018. Untuk itu Tim Verifikasi bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah merekomendasikan 16 dari 40 cabang olahraga yang berpeluang meraih medali emas di Asian Games 2018.