Jelang Asian Games, Pembangunan LRT Sudah Capai 78,6 Persen

Sabtu, 13 Januari 2018 04:27 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Abdurrahman Ranala
© Galih Prasetyo/INDOSPORT
Tampilan kereta api jelang Asian Games 2018. Copyright: © Galih Prasetyo/INDOSPORT
Tampilan kereta api jelang Asian Games 2018.

Perkembangan pembangunan LRT pengerjaannya terus dikebut oleh Waskita selaku kontraktor. Untuk saat ini pembangunan fisik secara keseluruhan sudah mencapai 78,6 persen dan ditargetkan sebelum event Asian Games 2018 akan selesai.

Direncanakan rangkaian transportasi kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Sumsel akan tiba di Kota Palembang sebanyak dua rangkaian yang terdiri dari 6 gerbong pada Maret 2018 mendatang.

Rangkaian tersebut rencananya akan diangkut menggunakan kapal dari Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur ke Kota Pempek.

Kepala Proyek Utama Pembangunan LRT Masudi Jauhari mengatakan, rangkaian sepur dipucuk yang biasa disebut Gubernur Sumsel H Alex Noerdin ini dibuat di pabrik kereta PT Industri Kereta Api Nasional (INKA) yang berada di Kota Madiun.

“Kalau pastinya saya belum tahu, namun bisa jadi gerbong LRT akan dikirim ke Palembang menggunakan kapal,” ujar Masudi.

Menurut dia, dari pabrik pembuatan itu akan dikirim Maret 2018 sekitar dua rangkaian kereta. Satu rangkaian ini terdiri dari 3 gerbong, sehingga akan dikirim sebanyak enam gerbong terlebih dahulu. Kemudian rangkaian sisanya akan dikirim pada Juni 2018 mendatang.

© Nasional Tempo.co
Foto Ilustrasi LRT Palembang Copyright: Nasional Tempo.coFoto Ilustrasi LRT Palembang

“Karena kereta baru datang Maret nanti, sehingga ujicoba LRT akan dilakukan pada Maret 2018,” jelas Masudi.

Perkembangan pembangunan LRT, lanjut dia, pengerjaannya terus dikebut oleh Waskita selaku kontraktor. Untuk saat ini pembangunan fisik secara keseluruhan sudah mencapai 78,6 persen dan ditargetkan sebelum event Asian Games 2018 akan selesai.