Datang ke Korsel, Atlet Korut Dapat Penjagaan Ketat

Senin, 15 Januari 2018 20:29 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Thedrum.com
Olimpiade musim dingin PyeongChang 2018. Copyright: © Thedrum.com
Olimpiade musim dingin PyeongChang 2018.

Kepolosian Korea Selatan dikabarkan akan meingkatkan keamanan bagi para kontingen Korea Utara di Olimpiade Musim Dingin PyeongChang bulan depan. Mengingat, Korea Utara bersedia mengirmkan sejumlah atlet, ofisial dan delegasi lain ke turnamen tersebut.

Kepala Badan Kepolisian Korea Selatan, Lee Cheol-Seong, menjelaskan bahwa akan mengerahkan pasukannya untuk beroperasi di lokasi-lokasi utama dalam persiapan kunjungan delegasi Korea Utara.

“Jumlah delegasi Korea Utara yang datang akan kami ketahui pada pekan depan. Tapi, kami akan tetap meningkatkan keamanan bagi para delegasi Korea Utara,” ucap Lee, dikutip dari Yonhap.

Kedua Negara tersebut telah mengadakan serangkaian pertemuan selama seminggu untuk membicarakan soal jumlah kontingen yang akan hadir di Olimpiade Musim Dingin 2018 mendatang.

© Time.com
PyeongChang Copyright: Time.comOlimpiade musim dingin PyeongChang 2018.

Ini bukan kali pertama bagi Korea Utara untuk mengirimkan perwakilannya ke turnamen yang digelar di Korea Selatan. Sebelumnya, Korea Utara sempat mengirim ratusan atlet, ofisial, dan para suporter pada Asian Games 2002 di Korea Selatan. Secara keseluruhan, Korea Utara telah mengirimkan 704 anggota ke turnamen terbesar di Asia tersebut.

Keikutsertaan Korea Utara dalam Olimpiade Musim Dingin 2018 juga mengembalikan rasa kekerabatan masyarakat kedua negara jelang 100 tahun kelahiran Dewan Olahraga Korea, Lee Kee-Heung. Lngkah ini juga meredakan ketegangan yang terjadi akibat program senjata nuklir Korea Utara.

Lee juga akan meminta Menteri Olahraga Korea Utara, Kim Il-Guk, untuk secara rutin melakukan pertukaran di bidang olahraga. Selain untuk menjaga keselarasan, ini juga penting bagi para atlit di masa mendatang.