Mulai Pelatnas, Indonesia Targetkan Lima Besar di Asian Para Games 2018

Rabu, 17 Januari 2018 09:43 WIB
Kontributor: Ghozi El Fitra | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arief Setiadi/INDOSPORT
Pelepasan kontingen paralimpik Indonesia untuk Asian Para Games 2018. Copyright: © Arief Setiadi/INDOSPORT
Pelepasan kontingen paralimpik Indonesia untuk Asian Para Games 2018.

National Paralympic Committe (NPC) Indonesia memasang target 5 besar dalam ajang Asian Para Games 2018. Target tersebut dinilai cukup realistis dengan kondisi yang dimiliki oleh Indonesia.

Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun mengatakan untuk memenuhi target tersebut para atlet sudah mulai melakukan pemusatan latihan nasional (Pelatnas). Menurutnya Pelatnas dimulai pada awal pekan ini di Kota Solo, Jawa Tengah dengan diikuti oleh sekitar 300 atlet.

© Arief Setiadi/INDOSPORT
Asian Paragames 2018. Copyright: Arief Setiadi/INDOSPORTKontingan Indonesia untuk Asian Para Games 2018.

Para atlet yang mengikuti Pelatnas merupakan hasil seleksi yang digelar oleh NPC Indonesia beberapa waktu yang lalu. Mereka akan melahap sejumlah latihan baik ringan maupun berat selama menjalani Pelatnas di Solo.

Pelatnas itu bakal dilakukan selama 10 bulan atau mulai saat ini hingga penyelenggaraan Asian Para Games 2018 berlangsung. Harapannya dengan pelatnas selama itu prestasi yang didapat oleh para atlet bisa maksimal.

© Arief Setiadi/INDOSPORT
Pelepasan kontingen paralimpik Indonesia untuk Asian Paragames 2018. Copyright: Arief Setiadi/INDOSPORTPelepasan kontingen paralimpik Indonesia untuk Asian Para Games 2018.

"Target paling tidak 23 medali emas agar bisa berada di posisi lima besar," ucap Senny.

Pihaknya mengatakan ada sejumlah cabang yang berpotensi menyumbang medali dalam ajang tersebut. Cabang tersebut diantaranya adalah atletik, bulutangkis, catur, renang, tenis meja dan angkat berat.

Selain cabang yang telah disebutkan tersebut, tidak menutup kemungkinan cabang lain juga akan menyumbangkan medali untuk kontingen Indonesia. Ia berharap hasil yang didapatkan nanti Cukup maksimal bahkan bisa melampaui target yang ditetapkan. Apalagi dalam gelaran tersebut Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.