Kalahkan Kamboja, Indonesia Raih Emas Pertama di Kejuaraan Anggar Internasional

Jumat, 19 Januari 2018 17:28 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Devin Manky/Getty Images
Atlet Anggar. Copyright: © Devin Manky/Getty Images
Atlet Anggar.

Atlet anggar asal Kalimantan Timur Gaby Novita menyumbangkan medali emas pertama untuk tim Indonesia pada kejuaraan internasional anggar se-Asia Tenggara kategori kadet dan junior di Kuala Lumpur, Malaysia.

Manajer tim anggar Indonesia Muslimin mengatakan, Gaby Novita sukses meraih medali emas pada nomor degen putri kelompok kadet.

"Pada laga final, Gaby berhasil mengalahkan atlet dari Kamboja Chhay Linlay dengan skor 15-9," ujarnya.

Capaian medali emas atlet masa depan Kaltim itu merupakan yang pertama bagi kontingen Indonesia, setelah pada beberapa nomor pertandingan baru mengumpulkan tiga medali perunggu.

"Anak-anak masih berpeluang menambah pundi-pundi medali dan mudah-mudahan pada pertandingan Sabtu (20/01/18), untuk kategori junior bisa menambah medali," tambahnya.

Menurut Muslimin, persaingan untuk meraih gelar juara pada kejuaraan yang diikuti sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara itu cukup ketat. Saingan terberat datang  dari tuan rumah Malaysia, Thailand dan Vietnam.

"Total ada sekitar 350 peserta dari sejumlah negara Asia Tenggara ikut berpartisipasi pada kejuaraan ini," imbuhnya.

Ia berharap capaian medali emas Gaby Novita bisa memotivasi rekan-rekanya yang belum bertanding untuk meraih prestasi terbaik.

© istimewa
Peraturan Anggar Copyright: istimewaPeraturan Anggar

"Target kita tiga medali emas, sekarang baru satu emas bisa dipenuhi dan kami akan mengejar di nomor lainnya," tambahnya.

Selain Gaby Novita, ada tiga atlet Kaltim lainnya yang juga ikut bertanding di kejuaraan ini, yakni Anis Raudatul, Depita Farida, dan Agnes Destiani.

Gaby dan Anis merupakan peraih medali emas kejuaraan nasional kadet dan junior tahun 2017, sementara Depita dan Agnes merebut medali perunggu. Dua nama terakhir berangkat ke Malaysia dengan biaya Pemprov Ikasi Kaltim.