Karateka Kenamaan Indonesia Advent Bangun Meninggal Dunia

Sabtu, 10 Februari 2018 09:33 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

Atlet Karateka yang juga aktor laga Indonesia, Yohanes Thomas Advent Bangun dikabarkan meninggal dunia pada pukul 02.35 pagi tadi. Kabar duka itu sendiri tersebar di kalangan awak media lewat Whatsapp. 

Jenazah Advent sendiri rencananya akan diistirahatkan di rumah duka yang terletak di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Sabtu (10/02/18) ini. Beliau meninggal ketika dirawat di HCU RSUP Fatmawati, Jakarta. 

Kawan terdekat almarhum, Ki Kusumo pun turut menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Advent Bangun sendiri. Hal tersebut turut disampaikannya lewat kicauan akun Twitter pribadinya usai mendapatkan kabar soal berpulangnya aktor laga tersebut.

© Tempo
Advent Bangun, aktor yang juga atlet karate Copyright: TempoAdvent Bangun, aktor yang juga atlet karate

Dari kabar terakhir yang beredar, Advent Bangun sendiri memang sempat dalam kondisi kesehatan yang mengejutkan. Dirinya terbaring lemah cukup lama karena didera penyakit gagal ginjal. 

Terakhir kali terlihat, tubuhnya pun juga tak lagi kekar seperti dulu kala dirinya banyak berlaga di sejumlah film. Advent Bangun yang akrab disapa Johni tersebut sendiri juga memang dikenal publik sebagai seorang atlet karateka nasional. 

Catatan prestasi yang berhasil diraihnya dalam cabang olahraga tersebut membuatnya menjadi salah satu karateka besar di Indonesia, bahkan di dunia. Ia menjadi salah satu dari lima besar karateka kelas dunia pada World Games di Amerika Serikat pada 1981 silam.