Antisipasi Macet, INAPGOC Akan Manfaatkan Hotel di Kawasan Senayan sebagai Venue

Sabtu, 17 Februari 2018 04:42 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Jawapos
Logo Asian Para Games 2018 Copyright: © Jawapos
Logo Asian Para Games 2018

Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) akan memanfaatkan sejumlah hotel di sekitar Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta sebagai lokasi pertandingan Asian Para Games (APG) pada Oktober menyusul upaya mengurangi waktu tempuh perjalanan atlet.

"Kami telah belajar dari Kejuaraan Uji Coba Asian Games 2018 terutama soal transportasi. Perjalanan atlet dari Wisma Atlet Kemayoran mencapai GBK lebih dari satu jam. Padahal, target waktu tempuh adalah 45 menit maksimal," kata Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari selepas membuka Rapat Koordinasi Teknis INAPGOC dengan Komite Paralimpiade Asia (APC) di Jakarta, Jumat.

© Arief Setiadi/INDOSPORT
Pelepasan kontingen paralimpik Indonesia untuk Asian Paragames 2018. Copyright: Arief Setiadi/INDOSPORTPelepasan kontingen paralimpik Indonesia untuk Asian Paragames 2018.

Okto mengatakan penggunaan sejumlah hotel di sekitar Kawasan olahraga GBK selain mengurangi waktu tempuh juga karena hotel-hotel di Senayan cenderung lebih ramah bagi penyandang disabilitas.

"Misalnya, cabang goalball. Pertandingan cabang olahraga itu butuh area yang hening. Kami akan pakai ruang di hotel karena lebih siap dibanding gelanggang olahraga yang butuh peredam suara," ujar Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) itu.

INAPGOC, menurut Okto, juga membutuhkan kerjasama dengan Pengelola Kawasan GBK menyusul pemanfaatan arena pertandingan Asian Para Games selain lokasi-lokasi lain yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Derah DKI Jakarta dan sejumlah pihak swasta.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Menpora Imam Nahrawi dan Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari pada sesi jumpa pers. (INDOSPORT/Herry Ibrahim) Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimMenpora Imam Nahrawi dan Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari pada sesi jumpa pers. (INDOSPORT/Herry Ibrahim)

"Pemda DKI Jakarta dan swasta memberikan arena pertandingan secara gratis. Kami juga mengharapkan kerja sama dengan PPK GBK untuk Asian Para Games. Kami berbeda dengan Asian Games yang lebih bersifat komersial," kata Okto.

Penyelenggaraan Asian Para Games, lanjut Okto, tidak akan menggunakan langkah yang ditempuh dalam Asian Games dengan meliburkan anak sekolah dan mengatur jam kerja perkatoran di DKI Jakarta untuk mempersingkat waktu perjalanan atlet dari Wisma Atlet Kemayoran ke Kawasan GBK.

Sekedar informasi, Asian Para Games 2018 akan diselenggarakan pada 6-13 Oktober 2018 mendatang. Asian Para Games 2018 akan mempertandingkan 17 cabor.