Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Motocross 2017

Selasa, 8 Maret 2016 15:44 WIB
Penulis: Ivan Reinhard Manurung | Editor: Charles Emanuel Dominggus
 Copyright:

Setelah Rio Haryanto resmi menjadi pembalap Formula 1, dunia otomotif Indonesia kembali mendapatkan kabar bahagia dengan ditetapkannya Indonesia sebagai salah satu tuan rumah ajang balap motocross internasional, MXGP.

Rencananya, kota Pangkalpinang, Bangka Belitung akan menjadi lokasi dari pagelaran motocross paling bergengsi tersebut mulai tahun 2017 hingga 2019. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Presiden Youthstream, Giuseppe Luongo ketika menghadiri event MXGP di Thailand.

"Untuk tiga tahun ke depan akan ada kompetisi MXGP di Indonesia. Ini adalah keputusan yang membuat kami senang. Di masa lalu, kami pernah mengadakan Grand Prix di sana dan mereka memiliki organisasi dan penonton yang bagus," ujarnya dilansir situs resmi MXGP.

Keputusan menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah tersebut ternyata mendapat tanggapan positif dari Ketua Ikatan Motor cabang DKI Jakarta, Alfonso Judiarto. 

"Ini benar-benar sesuatu yang luar biasa buat bangsa Indonesia. Dengan ikut ambil bagian di ajang tersebut, nama Indonesia akan lebih dikenal di dunia internasional," ujarnya ketika dihubungi INDOSPORT.

"Kita benar-benar beruntung karena bisa dapat satu seri dan kita harapkan hal ini bisa terus berlanjut,"lanjutnya.

Lebih lanjut, pria yang menjabat sebagai Ketua IMI DKI Jakarta sejak 2012 lalu menyebut hal ini sebagai bentuk peningkatan olahraga motorcross di Indonesia.

"Dengan adanya kesempatan ini kita berharap ini menjadi kebangkitan olahraga motocross di Indonesia. Kita juga berharap hal ini bisa menjadi ajang pembuktian pembalap-pembalap motocross Indonesia," tutupnya.

Sebenarnya ini bukan kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah salah satu seri ajang bergengsi tersebut. Tercatat, Indonesia sudah empat kali menjadi tuan rumah. Terakhir, kejuaraan ini berlangsung di Bandung pada 1997 silam.

5