Formula 1

Penggunaan Alat Pelindung 'Halo' di Formula 1 Tak Bisa Ditunda

Selasa, 22 Maret 2016 17:23 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

FIA mengatakan bahwa penelitian dan pengembangan terhadap alat pelindung ‘Halo’ sudah berkembang dengan baik. Dan alat tersebut diisyaratkan akan segera digunakan tepatnya pada perhelatan Formula 1 musim 2017 nanti.

Namun, keinginan FIA untuk menggunakan alat ‘Halo’ tersebut terbukti memecah belah para pembalap yang pro dan kontra.

Pembalap seperti Daniel Ricciardo, Sebastian Vettel dan Nico Rosberg menjadi kubu yang mendukung penggunaan ‘Halo’ sementara Lewis Hamilton dan Nico Hulkenberg menolak penggunaan alat pelindung kokpit tersebut.


Alat pelindung 'Halo' versi Tim Red Bull Racing

Meski masih banyak perdebatan, Race Director FIA, Charlie Whiting mengatakan akan terus maju memperjuangkan perangkat pelindung ‘Halo’ bahkan jika ada konsep pelindung lain yang berbeda muncul di waktu bersamaan.

Bagi Charlie, rasanya tidak mungkin untuk menunda untuk menggunakan alat pelindung ‘Halo’ bahkan jika muncul alat pelindung lain dengan karakter berbeda dan memiliki kualitas yang lebih baik.


Alat pelindung 'Halo' versi Tim Mercedes

FIA sendiri terus bergerak melakukan pengujian ketat terhadap konsep alat pelindung ‘Halo’. Alat ini sudah pernah diperkenalkan ke publik saat digunakan Ferrari pada ujicoba pramusim bulan ini. Meskipun desain hanya disukai oleh beberapa pihak, namun Charlie Whiting merasa alat ‘Halo’ menawarkan perlindungan terbaik.

“Saya tidak berpikir kami akan menunda penggunaan alat tersebut meskipun muncul alat serupa lainnya. Kami berada di jalur untuk menggunakan alat Halo karena telah diuji secara menyeluruh,” kata Charlie Whiting seperti dilansir Crash.net

“Kami merasa bahwa alat Halo menawarkan perlindungan yang terbaik. Kami memiliki penilaian terhadap kemungkinan resiko menyeluruh dari alat tersebut dalam sejumlah skenario kecelakaan yang berbeda,” jelasnya.

“Kami ingin memastikan bahwa kami tidak akan membuat hal-hal buruk dalam keadaan tertentu, sehingga harus dilakukan. Tapi saya tidak berpikir kami akan menunda itu karena kami merasa ada yang lebih baik satu sama lain datang,” tandasnya.

4