Menpora Tak Ingin Ada Diskriminasi Rio Haryanto di F1

Rabu, 23 Maret 2016 17:49 WIB
Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Menurut Menpora Imam Nahrawi aksi masyarakat Indonesia melalui jejaring sosial media yang ramai-ramai memprotes FOX Sports karena tidak menampilkan bendera Merah Putih di belakang foto Rio Haryanto, adalah wujud nasionalisme. Karena itu, Menpora Imam Nahrawi, meminta pihak TV Fox Sports dan pihak F1 harus lebih jeli dalam proses penyajian bahan siar.


Tidak ada bendera Merah Putih di belakang foto Rio Haryanto.

"Bendera adalah simbol kehormatan negara, jika pembalap lain ditampilkan bersama bendera asal negaranya dalam grafik, Rio juga seharusnya demikian karena merupakan kebanggaan Indonesia," ungkap Menpora seperti dikutip dari rilis yang diterima oleh INDOSPORT.

Hal ini penting sehingga tidak menimbulkan kesan perlakuan diskriminatif dan penyepelean terhadap salah satu peserta dan negaranya," sambung Menpora.


Menpora Imam Nahrawi tak ingin Rio Haryanto dapat diskriminasi di F1.

Karena mendapat protes pengguna dunia maya tersebut, TV Fox Sports merespon dan berdalih apa yang disajikan sesuai dengan bahan yang diberikan oleh pihak F1. Protes tersebut sudah disampaikan ke pihak F1 dan berjanji hal itu tidak akan terulang dalam arena balapan berikutnya.

Fox Sports sebagai penyaji siaran langsung F1 di televisi berbayar, karena tidak menampilkan bendera Merah Putih di belakang foto Rio Haryanto saat menyajikan grafik urutan start seri pembuka F1 di Sirkuit Melbourne Grand Prix Albert Park, akhir pekan kemarin. Sementara pembalap lain ditampilkan dengan bendera negaranya masing-masing.

406