Formula 1

Mengenal Baku City Circuit, Sirkuit Jalanan Tercepat di F1 2016

Azerbaijan akan menjadi salah satu tuan rumah dalam gelaran Formula 1 musim 2016 ini. Menariknya, Azerbaijan memiliki sirkuit unik yang dianggap sebagai sirkuit jalanan tercepat dengan memadukan panorama kota klasik dengan nuansa laut kaspia, Baku City Circuit, Senin (28/03/16).

Senin, 28 Maret 2016 14:53 WIB
Editor: Ramadhan
INTERNET
Baku City Circuit Copyright: INTERNET
Baku City Circuit

Ajang balap Formula 1 musim 2016 ini baru menuntaskan seri perdana yang diselenggarakan di Sirkuit Albert Park, Melbourne Australia. Pada balapan perdana tersebut, pembalap Mercedes, Nico Rosberg berhasil menjadi yang tercepat sementara pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto gagal finish karena mengalami masalah pada driveline di mobilnya.

Balapan musim ini pun masih panjang. Apalagi ajang balapan jet darat musim 2016 ini menjadi musim balap F1 dengan jumlah sirkuit terbanyak yakni dengan jumlah 21 sirkuit. Musim lalu, F1 hanya menyelenggarakan seri balapan di 19 sirkuit.

Musim ini, salah satu sirkuit yang ditambahkan ke dalam kalender balapan F1 adalah Baku City Circuit. Sirkuit yang diarsiteki Hermann Tilke ini dianggap sebagai sirkuit tercepat dalam kalender balapan F1 yang akan berlangsung pada 17-19 Juni 2016 mendatang.


Baku City Circuit, Azerbaijan akan menjadi sirkuit pada seri ke-8 balapan Formula 1 musim 2016

Sirkuit jalan raya ini akan melewati beberapa bangunan bersejarah yang terletak di Kota Baku. Bangunan-bangunan tersebut adalah Azadliq Square, Gedung Parlemen Azerbaijan, Menara Maiden, dan wilayah kota tua. Tak hanya itu, Baku City Circuit juga akan melewati pesisir pantai Laut Kaspia.


Panorama Baku City Circuit yang memadukan antara jalanan kota, bangunan tua dan pesisir laut kaspia


Tata letak Baku City Circuit, Azerbaijan

INDOSPORT akan mengulas profil singkat Baku City Circuit di Azerbaijan yang akan menjadi sirkuit baru di pentas Formula 1 musim 2016.

Komentar