Peristiwa Masa Lampau

Kisah Roger Williamson yang Tewas Terbakar di Lintasan Balap F1 GP Belanda 1973

Jumat, 29 Juli 2016 14:00 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Di sebuah hari pada 1973, Roger Williamson tengah bersuka cita. Pembalap berusia 25 tahun itu menerima berita menggembirakan di sepanjang hidupnya.

Williamson mendapatkan tawaran dari salah satu pabrikan mobil Formula 1, March Engineering, untuk tampil di pentas balap jet darat. Tanpa berpikir panjang, pembalap kelahiran Leicestershire, Inggris itu menyetujui kesepakatan.

Pernah memenangkan ajang balapan British Formula 1 Championship 1971 dan 1972, menjadi modal berharga Williamson untuk memulai sejarah baru di pentas F1. Williamson pun menyambut kesempatan langka tersebut dengan bangga.

Namun, nasib berkata lain. Kebahagiaan Williamson justru berubah jadi kelabu saat ia menjalani balapan seri kedua F1 tahun tersebut.

Meski sempat mengikuti seri perdana dan menjalani debut F1 di GP Inggris, aksi Williamson justru harus terhenti untuk selama-lamanya saat menjajal Sirkuit Zandvoort pada seri kedua F1 di GP Belanda.

Mobil yang dikendarai Williamson mengalami kecelakaan mengerikan hingga terbakar. Sayang, nyawanya tak berhasil diselamatkan sampai mobil Williamson hanya meninggalkan reruntuhan bekas terbakar.

INDOSPORT akan mengajak pembaca setia untuk mengenang kembali kecelakaan maut, yang merenggut nyawa Roger Williamson di ajang balap F1 GP Belanda tahun 1973 dalam peristiwa masa lampau.

244