MotoGP

Ingin Jadi Jago Membalap? Ini Tips dari Marc Marquez

Selasa, 25 Oktober 2016 14:11 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Marquez yang sudah tiba di Indonesia sejak tadi malam, Senin (24/10) menjadi mentor dari 16 pembalap muda dari Astra Honda Racing School (AHRS). Dalam arahannya, pembalap asal Spanyol lebih menekankan kepada bagaimana cara agar bisa membalap dengan aman dan cepat.

Menurutnya, teknik paling dasar yang harus dikuasai oleh seorang pembalap jika ingin bisa membalap dengan cepat dan aman adalah bagaimana menjaga posisi tubuh di atas motor dengan benar.


Marc Marquez saat memberi arahan kepada sejumlah pembalap muda Indonesia di Sirkuit Sentul.

"Tentu saja, posisi duduk yang benar itu sangat penting dalam membalap. Misalnya tumit, betis, lutut dan paha harus mendekap erat motor," kata Marquez sembari memperagakan di hadapan para siswa AHRS seperti dikutip Antara.

"Telapak kaki harus menjejak sedekat mungkin dengan badan sepeda motor sehingga tidak ada ruang tersisa demi meningkatkan aspek aerodinamis kala berakselerasi di trek lurus maupun tikungan," sambung dia.

"Ujung lutut selalu bersentuhan dengan ujung siku ketika dalam keadaan membalap, agar memudahkan keseimbangan manuver," jelas pembalap yang dijuluki Baby Alien itu.


Marc Marquez saat melakukan putaran bersama sejumlah pembalap muda Indonesia di Sirkuit Sentul.

Usai memberi arahan, juara dunia lima kali itu juga mendampingi ke-16 pembalap muda itu melakukan putaran bersama di lintasan balap Sirkuit Sentul.

Selain memberikan coaching clinic, Marquez juga akan menjalani shooting iklan, meet and great dan menjajal motor Honda CBR250RR yang merupakan motor terbaru Honda produksi Indonesia.

611