Formula 1

Mari Berkenalan dengan 'Desainer' Dibalik Kecanggihan Jet Darat Formula 1

Kamis, 22 Desember 2016 22:49 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

"Selalu ada sosok wanita tangguh dibalik kesuksesan pria," pepatah tersebut nampaknya cocok menggambarkan para 'desainer' di Formula 1 (F1) ini. Jika bukan karena penemuannya, mungkin tidak akan pernah ada jet darat dengan segala kecanggihannya, Kamis (22/12/16).

Colin Chapman, desainer legendaris F1, pernah mengatakan, “Sebuah mobil balap hanya memilik satu tujuan: memenangi balapan mobil. Jika tidak, maka itu hanya buang-buang waktu, uang, dan usaha,”

Ucapan Chapman sangat mewakili deskripsi mobil F1 yang tidak hanya identik dengan kecanggihan dan kecepatan, tapi juga indah serta aerodinamis. Artinya, mobil F1 memang dibuat untuk menang, bukan untuk ajang pamer.


GP Monaco Monte Carlo tahun 1955.​

Pembalap memang memiliki andil besar dalam kesuksesan tim, tapi tanpa perancang mesin atau desainer yang tepat, akan sulit bagi sebuah tim memaksimalkan kinerja sebuah mobil cepat. Tanpa inovasi dan desain yang akurat, akan sulit menemukan keamanan bagi pembalap yang ketat.

Dibalik kesuksesan pembalap, selalu ada mobil yang hebat, dan dibalik mobil yang hebat, ada orang-orang paling berjasa: The Designers.

82