Formula 1

Mengenang Schumacher, Alonso: Semua Pembalap Bertalenta, Tapi Dia Adalah Legenda

Kamis, 5 Januari 2017 10:38 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Saat ini kondisi Schumacher masih dalam penanganan medis dan harus merayakan hari ulang tahunnya yang jatuh pada 2 Januari kemarin dalam kondisi koma. Pasca kecelakaan yang ia dapat ketika bermain ski Desember 2013 silam, ia belum bisa kembali menghirup udara segar.

Meski sekarang terbaring tak berdaya di ranjang pesakitan, Schumacher tetap dikenang sebagai salah satu pembalap terhebat di ajang F1. Pesaingnya, Fernando Alonso memiliki pendapat sendiri mengenai atlet balap asal Jerman tersebut.

Mengenang sosok Schumacher, Alonso mengatakan bahwa lawan terberatnya selama 15 tahun kariernya di F1 adalah Schumi, sapaan Schumacher. Ia juga menyebut jika figurnya akan tetap dianggap sebagai yang terbaik oleh genarasinya, generasi di bawahnya, dan seterusnya.

"Michael adalah sosok yang spesial. Semua pembalap yang saya hadapi tidak diragukan memiliki talenta luar biasa, tapi semuanya menghormati satu orang, dia adalah legenda. Generasi saya dan seterusnya akan mengenang Schumacher sebagai pembalap yang mendominasi F1," kenang Alonso seperti diucapkannya kepada Auto, Motor und Sport.


Pendukung Ferrari memberikan dukungan kepada Schumacher.

"Sebuah kehormatan bagi saya bisa mendapatkan kesempatan untuk beradu balap dengannya dan sekaligus berhadapan satu lawan satu demi mengejar gelar juara dunia," katanya lagi.

Lebih detail lagi, Alonso mengatakan bahwa ia sangat kagum dengan juara dunia 7 kali itu. Menurutnya, dalam konteks balapan, Schumi bisa merubah situasi sulit menjadi mudah.

"Dia orang yang selalu bersikeras, tidak mudah menyerah, selalu memanfaatkan peluang sekecil mungkin. Dia memberikan segalanya di arena balap. Saya masih ingat tahun 2006 silam, kami saling berkejaran dengan ban yang berbeda, punya saya lebih baik, tapi Schumacher selalu lebih baik," sambungnya.

"Bahkan saat pekan Anda tengah baik-baiknya, dia akan tetap menempel Anda. Hanya Michael yang bisa melakukannya." Tutup Alonso.

49