MotoGP

Songsong MotoGP Indonesia, Sirkuit Jakabaring Mulai Dibangun

Sabtu, 7 Januari 2017 00:50 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Pembangunan Sirkuit Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, akan memasuki tahap pembangunan pada 2017 ini. Namun pelaksanaannya baru akan dilakukan setelah Detail Enginering Design (DED) rampung.

“Desain juga akan dijadikan DED. Pembangunan fisik dipastikan tahun ini,” kata Kabid Perumahan dan Tata Bangunan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumsel Aminuddin, seperti dilansir Pojok Sulsel.


Desain Sirkuit Jakabaring.

Pembangunan sirkuit diperkirakan akan memakan waktu selasa 17 bulan atau lebih lama dari rencana sebelumnya yang hanya 14 bulan. Selama waktu itu, termasuk digunakan untuk pembangunan gedung, tribun penonton, dan fasilitas lainnya.

Nantinya Sirkuit yang dibangun di atas lahan seluas 120 hektar ini akan dapat menampung sekitar 130 ribu penonton dengan 9 tribun. Kapasitas setiap tribun akan berbeda, dengan daya tampung terkecil sekitar 7500 penonton, dan terbanyak 21 ribu penonton.

Alex Noerdin bersama desainer sirkuit MotoGP, Hermann Tilke.

Sirkuit juga akan dilengkapi dengan ruang media, VIP lounge, ruang pengarahan pembalap, dapur, area paddock, pusat penjualan tiket, area parkir, area medis, area pit dan sejumlah fasilitas lainnya. 

Pembangunan sirkuit dilakukan setelah Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, menandatangani kesepakatan pra-kontrak dengan pihak MotoGP di Sepang, Malaysia.

1