Formula 1

Di Ambang Kebangkrutan, Pengusaha Indonesia Akuisisi Manor Racing?

Sabtu, 21 Januari 2017 05:03 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Harapan tim Formula 1 Manor Racing untuk mengikuti kompetisi balapan musim 2017 kembali tumbuh setelah ada calon investor potensial yang tertarik menggelontorkan dananya.

Skysports melaporkan, saat ini ada sejumlah konsorsium bisnis yang tetarik menanamkan modalnya di tim yang berbasis di Banbury, Oxfordshire, Britania Raya ini.

"Pembicaraan dengan sejumlah pihak yang tertarik untuk berinvestasi di tim kami masih berlangsung. Ini akan menyelamatkan tim agar mengikuti kompetisi musim 2017," kata juru bicara administrator FRP Advisory yang menangani Manor Racing pasca kesulitan finansial yang mereka alami.


Tim Manor Racing berada di ambang kebangkrutan.

Namun demikian, pihak Manor mengakui hingga saat ini mereka belum dapat memastikan investasi tersebut benar-benar dilakukan. Rincian investor yang tertarik dengan Manor pun masih dirahasiakan.

Hanya saja, pengusaha Indonesia, Ricardo Gelael, disebut-sebut sebagai salah satu calon investor yang akan mengakuisisi Manor. Ricardo yang merupakan pemilik KFC Indonesia, merupakan ayah dari Sean Gelael, yang merupakan pembalap GP2.

Ricardo punya kemungkinan melakukan hal ini, demi membuka jalan sang anak ke balapan Formula 1. Jika hal ini benar terwujud, LiveGP menyebut Manor akan diperkuat Anthony Giovinazzo, Rio Haryanto, dan Sean Gelael sebagai pembalap ketiga.


Jika diakuisi Ricardo Gelael, Manor Racing akan diisi dua pembalap Indonesia, Rio Haryanto dan Sean Gelael.

Selain Ricardo, PlanetF1 menyebut mantan CEO McLaren, Ron Dennis, memiliki ketertarikan mengakuisisi Manor. Dennis juga punya hubungan baik dengan Direktur Balap Manor saat ini, Dave Ryan.

Untuk lepas dari kebangkrutan dan kembali mengarungi balapan jet darat, Manor setidaknya membutuhkan dana awal sebesar 500 ribu pounds atau sekitar Rp8,2 miliar. Jumlah tersebut dibutuhkan untuk mengikuti sesi pra-musim dan persiapan balapan seri pertama.

786