Bangkrut, Manor Bakal Tampil di Formula 1 Pakai Mobil Bekas

Kamis, 2 Februari 2017 14:35 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mobil yang akan digunakan Rio Haryanto di Formula 1, MRT05. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mobil yang akan digunakan Rio Haryanto di Formula 1, MRT05.

Meski telah dinyatakan bangkrut, Manor terus berupaya untuk tetap bisa tampil di kejuaraan balap Formula 1 tahun ini, meskipun seri perdana balapan akan mulai digelar pada 26 Maret mendatang.

Tim yang mengantarkan Rio tampil di ajang F1 tahun lalu itu meminta kelonggaran kepada otoritas penyelenggara balapan untuk tetap bisa tampil meski menggunakan sasis mobil lamanya, yakni MRT05.

Permohonan tersebut diajukan Manor dengan alasan agar bisa memiliki kelonggaran waktu untuk menggandeng investor baru yang siap mendanai keuangan mereka pada seri balapan tahun ini.


Tim Formula 1, Manor Racing Team.

Upaya tersebut tak sia-sia. Menurut BBC, FIA akhirnya menerima permintaan mereka dan membolehkan Manor untuk tampil dalam kejuaraan tahun ini dengan syarat harus menggunakan sasis mobil lama.

Perizinan tersebut bukan tanpa risiko. Mobil Manor dipastikan akan lebih lambat dari mobil tim lain. Pasalnya, aturan Formula 1 tahun ini bisa membantu mobil lebih cepat lima detik dari sebelumnya.

Tapi keuntungannya, Manor tidak perlu lagi bersusah payah untuk menjalani tes keselamatan mobil, selain tentunya mendapat tambahan waktu untuk menemukan investor baru.

Kabar terakhir menyebutkan, beberapa pihak perusahaan telah menyatakan minat untuk menjadi calon investor. Salah satunya, perusahaan multi-nasional Capital GF dan pengusaha kawakan Indonesia, Ricardo Gelael.

265