MotoGP

On This Day: Lahirnya The Doctor Italia, Valentino Rossi

Valentino Rossi merupakan salah satu pemegang gelar terbanyak juara di ajang balapan MotoGP. Tepat hari ini, 16 Februari 2017, The Doctor merayakan hari jadinya yang ke-38 tahun, Kamis (16/02/17).

Kamis, 16 Februari 2017 08:16 WIB
Penulis: Cosmas Bayu Agung Sadhewo | Editor: Arum Kusuma Dewi
Getty Images
Pembalap asal Italia di Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Copyright: Getty Images
Pembalap asal Italia di Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

Pada tanggal 16 Februari 1979 di sebuah kota Urbino, Italia, Valentino Rossi lahir di tengah-tengah keluarga kecil dari pasangan Graziano Rossi dan Stefania Palma.

Rossi sejatinya sejak kecil sudah menyukai dunia balapan. Hal tersebut diturunkan langsung dari ayahnya, Graziano Rossi, yang juga seorang pembalap MotoGP kelas 250cc.

Sekarang, Valentino Rossi telah dikenal oleh pencinta dunia balap di seluruh dunia. Raihan 7 gelar juara dunia pada tahun 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009 menjadi bukti nyata bahwa dirinya sudah pantas disebut legenda MotoGP bila dirinya pensiun kelak.

Raihan gelar juara pria yang dijuluki The Doctors ini hanya kalah dari Giacomo Agostini, pembalap asal Italia yang pada masanya telah memenangkan 8 kali gelar juara dunia MotoGP.


Rossi (kanan) bersama Giacomo Agostini.

Akan tetapi Rossi masih memiliki sedikit kesempatan untuk menyejajarkan dirinya dengan Agostini, bila menjuarai MotoGP 2017 nanti. Melihat hasil uji coba di Sirkuit Sepang kemarin, bisa dikatakan Rossi masih kalah dari Vinales dan Marquez.

Namun itu hanyalah sebatas uji coba, ditambah lagi dengan pernyataan Direktur Yamaha, Massimo Meregalli, yang menyatakan bahwa Rossi belum sepenuhnya mengeluarkan kemampuannya, membuat apapun bisa saja terjadi di musim 2017 nanti.

Kini, mengenang hari jadi sang pembalap kelahiran Italia tersebut, INDOSPORT akan sajikan beberapa fakta tentang kehidupannya, baik di dunia balap maupun di luar lintasan.

Komentar