Belum Mampu Rajai Tes di Australia, Rossi Kambing Hitamkan Motor Barunya

Jumat, 17 Februari 2017 04:14 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© MotoGP
Valentino Rossi mengaku belum memahami sepenuhnya kinerja motor baru yang akan ia gunakan di musim 2017. Copyright: © MotoGP
Valentino Rossi mengaku belum memahami sepenuhnya kinerja motor baru yang akan ia gunakan di musim 2017.

Pada hari pertama tes di Sirkuit Phillip Island, Australia, Valentino Rossi harus puas dengan hanya menempati peringkat dua dengan catatan waktu terbaiknya, 1 menit 29, 683 detik. Saat itu Rossi, hanya berselisih sepersekian detik saja dari Marc Marquez yang sukses menjadi yang tercepat di hari pertama tes Australia.

Memasuki tes hari kedua, performa Rossi secara mengejutkan mengalami penurunan yang drastis dengan hanya mampu finish di peringkat sembilan dengan catatan waktu 1 menit 29,674 detik. Berbeda jauh dengan rekan satu timnya, Maverick Vinales yang keluar sebagai pembalap tercepat di hari kedua dengan catatan waktu terbaiknya, yakni 1 menit 28,847 detik.


Rossi hanya mampu finish di peringkat sembilan saat mengikuti tes hari kedua di Australia.

Penurunan kecepatan Rossi itu jelas menimbulkan tanda tanya dari berbagai pihak. Ditemui usai menjalani tes, Rossi pun membeberkan penyebab dirinya masih belum mampu menjadi yang tercepat dalam tes di Australia.

"Kami bekerja dengan motor baru untuk edisi musim 2017. Sekilas memang seperti tidak ada perbedaan dari luar, padahal kenyataannya banyak sekali hal yang berbeda. Kami memiliki banyak permasalahan yang harus kami pahami," papar pembalap berjuluk The Doctor itu seperti dikutip dari Crash.

Selain karena mengendarai motor baru, Rossi pun menyebut merosotnya hasil tes hari kedua di Australia, tidak lepas dari beberapa percobaan yang ia dan timnya lakukan terhadap komponen motor.

"Ini merupakan hari yang menyulitkan bagi kami, terutama saat tes di sore hari. Saat pagi hari, lami mencoba berbagai jenis ban dan coba mempertahankan kecepatan dan semua berjalan lancar."

"Namun ketika tes sore hari, kami memiliki beberapa tes penting sekaligus mencoba memodifikasi komponen motor. Sayangnya, hal tersebut tidak berjalan lancar dan kami seperti mengikuti jalan yang salah. Jadi sekarang kami akan coba mendiskusikannya dan berharap besok bisa mengalami peningkatan," papar pembalap yang identik dengan nomor 46 tersebut.


Rossi berharap dapat segera menemukan setingan terbaik untuk motor barunya.

Lebih jauh, Rossi pun berharap dapat segera menemukan permasalahan yang ada dalam motor barunya agar bisa meraih hasil terbaik di tes hari ketiga.

"Target untuk besok adalah mencoba dan melakukan improvisasi pada catatan waktu. Kami juga akan mencoba mencoba memacu kecepatan lebih lama untuk bisa memahami kemampuan motor ini," tutupnya.