On This Day

On This Day: Selamat Ulang Tahun, Marquez!

Jumat, 17 Februari 2017 09:31 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Marc Marquez meraih gelar juara dunia yang kelimanya setelah memenangkan MotoGP di Jepang. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Marc Marquez meraih gelar juara dunia yang kelimanya setelah memenangkan MotoGP di Jepang.

Marc Marquez Alenta lahir di sebuah desa bernama Cervera, di Kota Catalunya, Spanyol, pada 17 Februari 1993. Ia lahir dari pasangan Roser dan Julia.

Marquez memiliki seorang adik laki-laki bernama Alex. Adiknya ini juga berkecimpung di dunia balap motor. Bedanya, Alex membalap di ajang Moto3 dan berhasil menjadi juara dunia di turnamen tersebut pada 2014.

Pada 2002, Marquez menjajal balapan motor dan memenangkan Catalan Championship. Menginjak usia 15 tahun 56 hari, ia menjadi pembalap Spanyol termuda yang meraih pole position di ajang balapan tingkat dunia, yakni Grand Prix Portugis 2008.


Marc Marquez sudah menunjukkan bakatnya sejak kecil.
Pada 2012, Marquez memenangkan total sembilan gelar balapan. Ia bersaing dengan pembalap-pembalap masa depan MotoGP lainnya seperti Pol Espargaro dan Andrea Iannone. Ia pun menang titel juara dunia Moto2 di Australia.

Karier balapannya pun melejit dan pada 2013, Marquez bergabung dengan tim Repsol Honda untuk naik kelas di ajang MotoGP, menggantikan Casey Stoner yang pensiun. Di balapan pertamanya di Qatar, Marquez langsung naik podium, menjadi juara ketiga di belakang Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Pada balapan kedua di Sirkuit Amerika, ia berhasil meraih kemenangan pertamanya.

Marquez pun keluar sebagai juara dunia motoGP di tahun debutnya pada ajang ini. Lagi-lagi, ia mencatat rekor sebagai pemenang termuda MotoGP saat berusia 20 tahun dan 63 hari.

Setahun kemudian, pembalap bernomor 93 ini mempertahankan gelar juara dunianya, berbekal 13 kemenangan balapan sepanjang tahun. Namun pada 2015, ia harus rela menyerahkan gelar juara pada pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo.


Marc Marquez keluar sebagai juara dunia MotoGP 2016.

Tahun 2016, Marquez kembali merebut gelar juara dunia dengan mengumpulkan 298 poin. Berbekal 29 kemenangan sepanjang karier MotoGP, ia menempati posisi sepuluh besar pembalap dengan kemenangan terbanyak di ajang ini.

Dengan kesuksesan di setiap kelas balapan motor, Marquez menjadi pembalap ketiga yang tercatat menang juara dunia di tiga turnamen berbeda, yakni kelas 125cc, Moto2, dan MotoGP.

Kini bersama tunggangannya, RC213V, Marquez siap menjajal lintasan musim balap 2017 untuk meraih gelar juara dunianya yang keempat.

216