Libur Balapan, Rio Haryanto Sibuk Belajar Bisnis

Kamis, 2 Maret 2017 08:23 WIB
Kontributor: Ghozi El Fitra | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Charles Coates/Getty Images
Rio Haryanto melakukan parade pembalap F1 Grand Prix di Hockenheim, Germany. Copyright: © Charles Coates/Getty Images
Rio Haryanto melakukan parade pembalap F1 Grand Prix di Hockenheim, Germany.

Mantan Pembalap Formula 1 (F1) asal Indonesia, Rio Haryanto, saat ini sibuk belajar bisnis. Ex-rider Manor Racing tersebut saat ini menjadi asisten ayahnya untuk mengelola perusahaan buku dan percetakan KIKY yang berada di Solo dan Boyolali Jawa Tengah, Kamis (02/03/17).

Ibunda Rio, Indah Penywati mengatakan anaknya mulai bekerja dan menekuni Bisnis sejak beberapa waktu lalu. Hal itu dilakukan setelah Rio tidak masuk sebagai pembalap Formula 1 musim ini.

Bisnis yang dijalankan oleh Rio merupakan usaha milik keluarga yang saat ini dipimpin oleh ayah Rio sendiri. "Rio saat ini masih fokus untuk belajar dalam pekerjaan dan mengelola bisnis," ucapnya kepada INDOSPORT.

Saat disinggung mengenai rencana yang akan diambil oleh Rio ke depan, pihaknya juga enggan menjawabnya. Yang jelas, kata dia, tujuan saat ini adalah belajar bisnis, setelah itu baru memikirkan rencana yang lain.

Pihaknya juga enggan menjawab apakah Rio akan kembali ke dunia balap atau tidak. Menurutnya setiap langkah dan keputusan terbaik yang diambil oleh Rio maka keluarga akan mendukung sepenuhnya.

Perlu diketahui, karir Rio di dunia balap jet darat terhenti lantaran kurangnya sponsor yang menyokong Rio dari segi pendanaan. Pria kelahiran Solo tersebut sebelumnya hendak diseponsori oleh pemerintah melalui Pertamina, namun dalam perjalannya besarnya sponsor tidak sesuai dengan keinginan tim dan pembalap muda tersebut harus angkat kaki dari Formula 1.