Formula 1

50 Investor Tertarik Hidupkan Kembali Manor Racing

Kamis, 9 Maret 2017 | 01:58 WIB
  • Sejumlah investor telah menyatakan ketertarikan untuk menghidupkan kembali tim Manor Racing.
  • Hanya saja, mereka tak memiliki dukungan dana memadai sehingga dikhawatikan Manor Racing tak bisa melanjutkan kompetisi dengan keadaan yang sehat.
  • Manor Racing dinyatakan bangkrut pada akhir Januari 2017 lalu.
Charles Coates via Getty Images
Rio Haryanto saat tampil bersama Tim Manor Racing. Copyright: Charles Coates via Getty Images
Rio Haryanto saat tampil bersama Tim Manor Racing.

Sekitar 50 investor menyatakan ketertarikan untuk menghidupkan kembali tim Formula 1 Manor Racing.  FRP Advisory yang menangani Manor saat ini, telah melakukan sejumlah pertemuan untuk mewujudkan harapan tersebut. 

Hanya saja, dari sekian banyak investor tersebut, belum ada satu pun yang memiliki dukungan finansial kuat, agar mantan tim pembalap nasional, Rio Haryanto, tersebut kembali berkompetisi.

"Jumlah dana minimal yang wajib dimiliki setiap tim pada musim 2017 adalah 43 juta pounds (Rp698 miliar)," demikian pernyataan FRP Advisory.

Disebutkan, jumlah tersebut tidak termasuk dengan potensi pemasukan yang mungkin didapat tim melalui pay driver atau sponsorship.

Manor Racing dinyatakan bangkrut pada akhir Januari 2017 lalu.

Meski masih membuka kemungkinan, FRP Advisory sejauh ini belum mendapatkan investor yang memiliki dukungan dana melimpah.

"Belum ada satupun yang dapat menunjukkan bahwa mereka punya solusi yang dapat dipertanggungjawabkan terkait kebangkrutan tim ini," tambah pernyataan FRP Advisory.

Manor Racing dinyatakan bangkrut pada Januari 2018 lalu. Mereka gagal menemukan sponsor anyar yang dapat membiayai kebutuhan tim pada kompetisi musim 2017 ini.

Hal ini merupakan buntut kegagalan Manor untuk meraih hasil positif di musim 2016 lalu. Perolehan poin mereka disalip tim Sauber pada GP Brasil, sehingga Manor tak bisa mendapatkan hadiah uang yang dibutuhkan.

Padahal saat itu, Manor telah memulai proyek pengembangan mobil yang akan mereka gunakan untuk melakoni balapan musim 2017.

Editor : Gema Trisna Yudha