Formula 1

Bos McLaren Yakin Timnya Akan Menang jika Pakai Mesin Mercedes

Kamis, 16 Maret 2017 09:39 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Octane/Action Plus via Getty Image
Fernando Alonso saat uji coba Sirkuit Catalunya. Copyright: © Octane/Action Plus via Getty Image
Fernando Alonso saat uji coba Sirkuit Catalunya.

Direktur tim McLaren, Eric Boullier, meyakini timnya mampu menang Formula 1 tahun ini jika memakai mesin milik Mercedes, alih-alih Honda. McLaren tengah dalam masa krisis usai tampil buruk dalam tes pramusim F1 yang berlangsung delapan hari di Sirkuit Catalunya kemarin.

Pembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso, bahkan mengakui bahwa mobilnya punya masalah di unit tenaganya. Ia juga mengatakan bahwa mesin mobilnya tak punya daya uji dan tak punya tenaga. Pada uji coba pramusim perdana di Catalunya, Senin (27/02/17) lalu, Alonso mengalami masalah di sistem oli mobil MCL32-nya. Akibatnya, ia hanya bisa menyelesaikan 29 laps dan finish di posisi 10 dari 11 pembalap yang berpartisipasi hari itu.

Eric Boullier, Direktur McLaren-Honda.

Bos McLaren pun menambah panas hubungan McLaren dengan Honda terkait masalah ini. "Menurut saya kami bisa menang lagi," ujar Boullier kepada AS saat ditanya apakah memakai mesin Mercedes akan berpengaruh dengan nasib McLaren di musim balap kali ini.

"Kenyataannya, kami punya lebih banyak masalah daripada yang kami kira. Kami tahu bahwa kami akan mendapat beberapa isu, tetapi tak sebanyak yang kami hadapi saat ini," tambahnya.

Mercedes sebelumnya telah menyuplai mesin untuk McLaren selama hampir dua dekade. Kerja sama mereka berakhir pada 2015 saat McLaren memutuskan untuk beralih ke mesin Honda. 

"Satu-satunya solusi adalah tetap bekerja keras. Masalahnya adalah pengaturan waktu. Kami seharusnya menyelesaikan isu ini di Januari, bukannya Maret," pungkas pria yang menangani McLaren sejak 2014 ini.