Formula 1

Mobilnya Bermasalah, McLaren Takut Alonso Hengkang Musim Depan

Kamis, 16 Maret 2017 16:16 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sky Sports
Pembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso. Copyright: © Sky Sports
Pembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso.

Tim McLaren-Honda takut jika benar-benar kehilangan Fernando Alonso di musim balapan Formula 1 musim depan. Pasalnya, mobil yang disediakan untuk Alonso kerap mengalami masalah sehingga ia tak maksimal dalam tes pramusim yang berlangsung di Sirkuit Catalunya lalu. Apalagi kontrak pembalap 35 tahun ini akan berakhir di penghujung 2017. 

"Selalu ada banyak kisah tentang ini. Menurut saya, Fernando jujur kepada kami, sama seperti kami jujur padanya. Dia pertama kali ingin melihat bagaimana mobilnya. Dan bagaimana peraturan barunya. Menurut saya dia suka F1 yang baru. Ia ingin kompetitif karena ia punya talenta untuk ditunjukkan pada dunia dan dirinya sendiri," ungkap Bos McLaren, Eric Boullier, seperti dikutip IBT.

Mobil McLaren-Honda kerap mendapat masalah, mulai dari tangki oli hingga masalah elektroniknya.

Meski sudah termasuk senior dan telah menjadi juara dunia F1 pada 2005 dan 2006, Alonso belum ada niat untuk pensiun dari dunia balap jet darat. Mengenai nasibnya musim depan, ia baru akan menentukan usai jeda musim panas nanti. Boullier pun menuturkan, ia harus menjaga supaya Alonso tetap senang menjelang akhir-akhir kariernya sebagai pembalap.

"Kami harus kompetitif untuk menjaga ia tetap senang. Jika kami kompetitif, ia akan bahagia dan jika tidak ia akan mengambil keputusannya sendiri (dan pergi saat kontrak habis). Ini masih babak awal di musim ini. Tapi tentu saja kami telah berdiskusi," tambahnya.

"Saya tak mau membocorkan banyak informasi karena saya tahu banyak tim ingin info tersebut, tetapi ia adalah yang terbaik. Tanpa ragu. Dia yang terbaik karena jelas, ia bisa menunjukkannya," pungkas Boullier.