4 Alasan F1 Musim 2017 Akan Berjalan Seru

Sabtu, 18 Maret 2017 08:13 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Stringer/Anadolu Agency/Getty Images
Balapan F1 musim 2017 diprediksi akan berlangsung menarik. Copyright: © Stringer/Anadolu Agency/Getty Images
Balapan F1 musim 2017 diprediksi akan berlangsung menarik.

Balapan Formula 1 (F1) musim 2017 akan bergulir di Australia, pekan mendatang. Setiap tim sudah berusaha mempersiapkan diri hadapi balapan semaksimal mungkin.

Pada musim lalu, para pembalap Mercedes tampil menggila. Nico Rosberg dan Lewis Hamilton bergantian meraih kemenangan demi kemenangan. Balapan pun menjadi membosankan.

Untuk membuat balapan menjadi lebih menarik dan ketat, Federasi Automotif Internasional (FIA) pun melakukan sejumlah inovasi.

Setelah melewati serangkaian tes pramusim, akhirnya balapan F1 akan bergulir dalam waktu dekat ini. Berikut ini, INDOSPORT akan berusaha mengulas empat alasan F1 musim 2017 akan berjalan dengan sangat menarik.

  • Tampilan Mobil Lebih Menarik
Mobil anyar yang akan digunakan Mercedes.

Sebelum balapan musim ini, Federasi Automotif Internasional (FIA) memang melakukan sejumlah perubahan peraturan teknik untuk mengubah mobil menjadi lebih fantastis.

FIA ingin mobil F1 terlihat semakin kencang lima detik ketimbang musim 2015 dan hal tersebut sudah terlihat dalam catatan waktu di pramusim.

Kondisi ini membuat para pembalap menikmatinya dan bisa menggeber mobil lebih maksimal berkat performa ban yang gemilang. Ditambah lagi, ban musim ini juga terlihat lebih berotot ketimbang musim 2016.

  • Perubahan Susunan Pembalap
Valtteri Bottas akan berpasangan dengan Lewis Hamilton.

Setelah dipastikan menjadi juara dunia, Nico Rosberg memang membuat keputusan yang mengejutkan dengan memutuskan untuk pensiun.

Hal ini memaksa manajemen Mercedes mencari pembalap baru. Hasilnya, Valtteri Bottas ditunjuk untuk menggantikan posisi Rosberg.

Selain Bottas, ada sejumlah pembalap yang pindah tim. Mereka adalah Esteban Ocon, Nico Hulkenberg, Kevin Magnussen, dan Pascal Wehrlein.

Tentu, akan sangat menarik melihat bagaimana performa mereka bersama mobil baru pada musim ini.

  • Ferrari Penantang Serius Mercedes

Kimi Raikkonen saat menggeber mobil terbaru Ferrari.

Pada musim lalu, Mercedes memang tampil luar biasa. Dua pembalapnya, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton tampil mendominasi hingga akhir musim.

Sementara itu tim Ferrari, tidak mampu tampil maksimal. Hal ini membuat teknisi mesin tim asal Italia itu melakukan perubahan untuk membuat performa mobil 2017 lebih dahsyat.

Hasilnya selama pramusim 2017, para pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel mampu tampil mendominasi dengan menggeber mobil SF70H.

Melihat kondisi itu, sangat wajar jika Ferrari diunggulkan untuk menjegal Mercedes musim ini. Selain Ferrari, Red Bull juga siap memberikan perlawanan yang sengit.

  • Menanti Gebrakan Pemilik Baru
Mantan petinggi Ferrari dan Mercedes, Ross Brawn.

Berita terbesar pada musim dingin ini adalah ketika CEO F1, Bernie Ecclestone memutuskan untuk mengundurkan diri dan perusahaan Liberty Media mengakuisisinya.

Dengan datangnya pemilik baru, mantan petinggi Ferrari, Ross Brawn ditunjuk untuk masuk dalam bagian susunan kepengurusan F1. Tapi, terpenting akan ada beberapa ide baru untuk mengembangkan F1. 

Liberty memiliki rencana besar untuk membuat F1 menjadi semakin menarik. Tentu, akan menarik untuk melihat apa yang mereka lakukan selama musim 2017.