Verstappen: Red Bull Sulit Bersaing dengan Mercedes dan Ferrari

Senin, 20 Maret 2017 05:27 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Dan Istitene/Getty Images
Max Verstappen saat dalam lintasan balap. Copyright: © Dan Istitene/Getty Images
Max Verstappen saat dalam lintasan balap.

Setelah hampir tiga bulan lebih libur, kompetisi balap Formula 1 musim 2017 akan segera bergulir. Segala persiapan pun sudah dilakukan oleh sejumlah tim, mulai dari menunjuk pembalap utama, hingga menjalani tes pramusim.

Selama mengikuti tes pramusim tersebut, salah satu tim peserta, Red Bull berada di peringkat empat sebagai mobil tercepat saat menjalani tes di Barcelona. Mereka berada di bawah Ferrari, Williams, dan sang juara bertahan Mercedes.

Melihat performa tersebut, tidak heran bila Red Bull menjadi salah satu kandidat yang bisa membuat kejutan di musim balap 2017 dan bukan tidak mungkin meruntuhkan dominasi Mercedes selama beberapa tahun terakhir.

Sayangnya, hal itu justru disangsikan oleh salah satu pembalap utama mereka, Max Verstappen. Menurut pembalap asal Belgia itu, kondisi Red Bull saat ini belum maksimal bila dibandingkan dengan tim-tim lain.

Pembalap muda Red Bull, Max Verstappen.

"Kita masih harus melihat dan mengamati seberapa baguskah perubahan-perubahan yang sudah kita lakukan. Secara pribadi, saat ini saya tidak yakin kami dapat bersaing untuk meraih gelar jaura," ungkap Verstappen dalam wawancara pribadi dengan De Telegraaf.

Verstappen mengakui memang setelah musim reguler berjalan, akan banyak hal yang terjadi saat balapan. Hanya saja, ia menyebut hal tersebut tidak bisa terlalu diharapkan untuk meraih gelar juara.

"Akan banyak hal yang terjadi saat balapan dimulai. Namun, saya merasa tim ini belum siap untuk bisa meraih kemenangan," tutur pembalap berusia 19 tahun tersebut.

Meski terdengar pesimistis, Verstappen mengakui bahwa peluang Red Bull untuk bersaing tidak tertutup sepenuhnya. Untuk itu, ia berharap dapat segera menemukan irama yang tepat dengan mobil yang akan dikendarainya nanti.

Verstappen berharap dapat mengulang kesuksesan musim 2016 bersama Red Bull.

"Saat ini, saya pikir Ferrari dan Mercedes memang ada di depan kami. Namun, harapan kami tetap ada dengan syarat segera menemukan irama yang tepat seperti musim lalu. Kami bisa melakukan banyak hal bagus tahun ini, tapi untuk itu perlu usaha dan kerja keras," tutup Verstappen.