Era Baru F1, Siapa yang Bisa Patahkan Dominasi Mercedes?

Rabu, 22 Maret 2017 13:54 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Mark Thompson/Getty Images
Pemandangan balapan F1 pada musim lalu. Copyright: © Mark Thompson/Getty Images
Pemandangan balapan F1 pada musim lalu.

Setelah melakukan sejumlah persiapan dan mengikuti pramusim, balapan Formula 1 (F1) seri perdana akan berlangsung di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia. Tentu menarik melihat tim manakah yang mampu mematahkan dominasi Mercedes pada musim 2017?

Sebelum musim bergulir, ada beberapa berita yang mengejutkan. Bernie Ecclestone secara mengejutkan memutuskan untuk tidak lagi memegang F1. Kini, sahamnya pun sudah dibeli oleh perusahaan Liberty Media.

Pada musim kemarin, tim Mercedes memang tampil sangat mendominasi. Betapa tidak, dari 21 seri musim kemarin, Lewis Hamilton berhasil mengemas 10 kemenangan. Sedangkan Nico Rosberg mampu mengoleksi 9 kemenangan.

Rosberg memang tidak akan membalap lagi pada musim ini. Posisinya akan digantikan oleh Valtteri Bottas. Meski demikian, dengan pengalaman dan mesin mobil yang sangat tangguh, sangat wajar bila pabrikan mobil asal Jerman itu diunggulkan untuk mendominasi balapan tahun ini.

Dalam beberapa bulan terakhir, setiap tim melakukan persiapan dengan maksimal. Jika berkaca pada performa mereka selama pramusim, siapa yang bisa menjegal Mercedes musim ini? Berikut ini, INDOSPORT akan berusaha mengulasnya.

  • Ferrari

Tampilan mobil milik Ferrari.

Pada musim kemarin, bisa dibilang musim terburuk yang pernah dilewati oleh Ferrari. Betapa tidak, meski diunggulkan untuk menjadi pesaing Mercedes, performa Ferrari justru sangat jeblok.

Pasalnya, dua pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen tidak mampu meraih satu kali kemenangan pun sepanjang seri kemarin. Kegagalan itu memicu mereka untuk berbenah.

Beberapa inovasi pun dilakukan untuk memperbaiki performa mobil musim kemarin, yang kurang maksimal. Hasilnya, selama pramusim, Kimi dan Vettel mampu tampil cukup konsisten.

Bahkan, pada tes pramusim terakhir di Barcelona, Spanyol, Kimi dan Vettel mampu tampil sangat gemilang. Mereka mampu mencatat waktu di bawah 1 menit 19 detik.

Jika berkaca performa mereka di pramusim, bukan tidak mungkin Ferrari berpeluang untuk menjegal para pembalap Mercedes. 

  • Red Bull
Pembalap Red Bull, Max Verstappen sedang bersiap untuk uji coba.

Pada musim lalu, tim Red Bull Racing memang tampil cukup memukau. Betapa tidak, dua pembalap andalan mereka, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo secara mengejutkan mampu memberikan perlawanan kepada dua pembalap milik Mercedes.

Bahkan, Verstappen dan Ricciardo berhasil menghentikan kemenangan demi kemenangan yang diraih oleh Hamilton dan Rosberg pada musim lalu. Verstappen membuat kejutan dengan meraih kemenangan di Spanyol, sedangkan Ricciardo meraih kemenangan di Malaysia.

Bagaimana dengan kiprah mereka pada musim ini? Nampaknya, tim yang menggunakan mesin dari Renault ini masih menjadi kuda hitam.

Tim Mercedes dan Ferrari wajib mewaspadai kiprah kedua pembalap muda tersebut. Jika lengah, bukan tidak mungkin mereka kembali mencuri kemenangan seperti yang dilakukan pada musim kemarin.