MotoGP Qatar

Jorge Lorenzo, Sang Penguasa Sirkuit Losail

Rabu, 22 Maret 2017 17:04 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Karim Jaafar/AFP/Getty Images
Mantan pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo merayakan kemenangan di Sirkuit Losail musim lalu. Copyright: © Karim Jaafar/AFP/Getty Images
Mantan pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo merayakan kemenangan di Sirkuit Losail musim lalu.

Balapan perdana MotoGP 2017 akan berlangsung dalam hitungan hari. Tepatnya pada 26 Maret, para pembalap kembali akan memulai persaingan dengan mengaspal di Sirkuit Losail, Qatar.

Trek ini sudah menggelar balapan MotoGP sejak 2004. Empat tahun kemudian, trek ini untuk pertama kalinya menggelar balapan malam.

Sebagai catatan, Jorge Lorenzo menjadi pembalap paling sukses dalam menaklukkan Sirkuit Losail. Pembalap asal Spanyol itu tercatat sudah enam kali menang di lintasan ini.

Pemandangan Sirkuit Internasional Losail, Qatar.

Dengan rincian, tiga kali saat bertanding di kelas MotoGP, dua kali di kelas 250cc, dan satu kali di kelas 125 cc. Tentu, menarik melihat kiprah Lorenzo pada musim ini yang akan memperkuat Ducati.

“Setelah tes terakhir di sirkuit ini beberapa hari yang lalu, saya menatap balapan perdana dengan penuh percaya diri dan optimistis,” kata Lorenzo, diberitakan readmotorsport.

“Losail merupakan lintasan yang saya suka dan Ducati beradaptasi sangat baik dengan karakter trek ini. Jadi, saya yakin kami akan langsung melesat sejak awal balapan,” sambungnya.

Fakta tentang Sirkuit MotoGP Qatar:

Venue:  Sirkuit Internasional Losail

Tanggal balapan: 26 Maret 2017

Jumlah lap: 22

Jarak lomba: 118,4 km

Panjang lap: 5,4 km

Lebar lintasan: 12 m

Tikungan: 6 kiri dan 10 kanan

Top speed: 351,2 km/jam

Kecepatan rata-rata: 167,1 km/jam