Formula 1

Duo Mercedes Kuasai Sesi Latihan Bebas Perdana Australia

Jumat, 24 Maret 2017 11:00 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter/@F1
Lewis Hamilton sukses finish tercepat pada sesi latihan bebas pertama di Australia. Copyright: © Twitter/@F1
Lewis Hamilton sukses finish tercepat pada sesi latihan bebas pertama di Australia.

Dimulainya musim balap Formula 1 ditandai dengan sesi latihan bebas perdana di Sirkuit Melbourne, Australia. Dua pembalap Mercedes menguasai hasil tes pada hari ini. Pembalap yang difavoritkan juara, Lewis Hamilton, mencatat waktu tercepat dengan 1 menit 24,220 detik.

Di belakang Hamilton, menyusul rekan barunya, Valtteri Bottas. Pembalap Finlandia ini mencatat waktu 1 menit 24,803 detik, terpaut 0,583 detik dari partnernya. Hamilton dan Bottas adalah pembalap yang menggunakan ban ultra halus Pirelli, sementara yang lainnya memakai ban halus dan super halus.

Di belakang pembalap Mercedes ada duo Red Bull, yakni Daniel Ricciardo dan Max Verstappen. Mereka menggunakan ban super halus dan finish di posisi tiga dan empat.

Hasil sesi latihan bebas pertama di Sirkuit Melbourne, Australia.

Tim Ferrari menggenapi tiga besar seperti layaknya kedudukan akhir tim di musim lalu dengan Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel di posisi 5 dan 6. Raikkonen menyelesaikan 15 putaran dan waktu terbaiknya 1 menit 25,372 detik. Sedangkan Vettel hanya menyelesaikan 10 laps.

McLaren masih harus bersusah payah dengan mobil Honda-nya. Fernando Alonso finish  di posisi 14 dengan waktu 1 menit 27,116 detik. Sementara rekannya, Stoffel Vandoorne sempat mengalami kebocoran air dan harus bertahan lama di pit karena masalah mekanik. Pembalap Belgia itu pun harus puas berada di posisi buncit, yakni peringkat 20 dengan catatan 1 menit 28,695 detik.

Secara keseluruhan tak ada yang mengalami insiden besar. Selain Vandoorne, Esteban Ocon sedikit mengalami masalah rem dan Jolyon Palmer mengalami sedikit masalah sehingga hanya bisa menyelesaikan enam putaran.