MotoGP

Profil Tim MotoGP: Tech 3

Jumat, 24 Maret 2017 11:49 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© motorcyclenews
Tech 3 Yamaha. Copyright: © motorcyclenews
Tech 3 Yamaha.

Bagi Anda yang masih awam dengan dunia balap MotoGP, mungkin tidak terlalu mengerti apa yang dimaksud dengan tim pabrikan atau tim utama dengan tim satelit. Sebetulnya tidak sulit untuk memahami hal tersebut lantaran banyaknya perbedaan di antara kedua tim.

Perbedaan yang paling menonjol adalah  terkait soal dana yang dapat dikeluarkan. Tim pabrikan atau tim utama lazimnya  selalu jor-joran dalam pengeluaran dana demi pengembangan motor atau rekrutmen pembalap. Mereka pun tidak menemui kesulitan untuk melakukan itu, lantaran ada sponsor besar di belakangnya.

Berbeda dengan tim satelit yang harus berjuang mencari sponsor dan hal itu pun memaksa membuat mereka mau tidak mau harus menganggarkan dana seefektif mungkin demi bisa tetap bertahan di MotoGP.

Dalam musim 2017 ini sendiri setidaknya tercatat ada enam tim satelit yang berjuang untuk tampil maksimal dan mengusung target mengalahkan pembalap-pembalap tim pabrikan. Salah satu tim itu adalah Tech 3 yang merupakan satelit dari tim yang sering menjuarai MotoGP, yaitu Yamaha.

Kini, jelang bergulirnya MotoGP 2017 pada 29 Maret 2017 mendatang, INDOSPORT coba sajikan sejumlah data terkait profil Tech 3 dan pembalap yang mereka usung untuk melakoni 18 seri balapan.