Formula 1

(VIDEO) Ini Mobil Toro Rosso yang akan Dipakai Sean di F1

Jumat, 24 Maret 2017 03:17 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Toto Rosso
Mobil STR12 Toro Rosso Copyright: © Toto Rosso
Mobil STR12 Toro Rosso

Pembalap muda Indonesia, Sean Gelael, akan menjajal lintasan Formula 1 sebagai test driver Scuderia Toro Rosso. Ia akan menguji mobil STR12 tim asal Italia tersebut dalam tiga seri, di Bahrain, Hungaria, dan Abu Dhabi.

Musim 2017 ini, F1 mengeluarkan regulasi baru yang merubah tampilan mobil setiap tim. Mulai dari ban yang lebih lebar, sayap depan dan belakang lebih lebar, serta moncong hidung yang lebih mancung dan lancip.

Menyesuaikan regulasi sembari berupaya mewujudkan hasil yang lebih baik musim ini, skuat Faenza pun telah menyiapkan mobil baru. Jika sebelumnya menggunakan mesin Ferrari, mobil STR12 yang diusung Toro Rosso untuk balapan musim ini menggunakan mesin Renault.

Keputusan ini dilakukan demi meraih hasil lebih baik, mengingat spesifikasi mesin Ferrari yang digunakan musim lalu telah ketinggalan dan membuat performa mereka tertahan. Hanya saja, mesin baru Renault tersebut masih memiliki kendala pada Energy Recovery System (ERS) seperti terlihat pada tes pramusim. 

Dilansir dari Motorsport, Hal ini membuat Renault hanya mampu menempuh jarak sebanyak 1274 putaran pada sesi tes pramusim, sementara Mercedes dan Ferrari masing-masing menempuh 2314 dan 2171 putaran. Adapun jarak yang ditempuh Toro Rosso jauh lebih sedikit, sehingga mereka menempati posisi kedua terendah dalam hal jumlah putaran saat tes pramusim di Barcelona.

Namun demikian, dibanding musim lalu, tenaga yang dihasilkan mesin Renault jauh lebih besar ketimbang yang dikeluarkan mesin Ferrrari musim lalu. Renault juga terus berupaya menyelesaikan persoalan ERS sebelum balapan seri perdana dimulai di Sirkuit Albert Park, Australia, pada 26 Maret mendatang.

Pada tes pramusim di Barcelona pada 27 Februari-2 Maret, dan 7-10 Maret lalu, Toro Rosso menempati urutan ke-5. Salah satu pembalapnya, Carlos Sainz, mencatat waktu terbaik 1 menit 19,837 detik.

Selain itu, perubahan mencolok terlihat pada livery mobil STR12. Jika pada beberapa musim sebelumnya mobil Toro Rosso didominasi warna biru gelap, merah tua dan sedikit aksen warna kuning, musim ini mereka tampil dengan warna biru yang dominan. Selain itu, ada sentuhan merah dan silver yang memberi kesan elegan dan powerful.

Mobil STR12 Toro Rosso.

Mobil yang mereka usung, ternyata memiliki sejumlah kesamaan dengan mobil Mercedes. Suspensi depan, bentuk hidung, serta sidepod mirip dengan mobil sang juara bertahan. Namun Direktur teknis Toro Rosso, James Key, mengatakan hal tersebut sebagai sebuah kebetulan semata.

Dilansir NBCsports, mobil ini juga telah lulus uji tabrak Federasi Internasional Automotive (FIA). Hal ini akan melindungi dua pembalap Toro Rosso, Daniil Kvyat dan Carlos Sainz, serta Sean Gelael yang akan mengujinya dalam tiga seri di musim ini.