MotoGP

Jatuh Saat Sesi Latihan, Begini Penjelasan Vinales

Sabtu, 25 Maret 2017 08:28 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Suzuki, Maverick Vinales. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Suzuki, Maverick Vinales.

Maverick Vinales mengalami insiden pada sesi latihan bebas kedua di Sirkuit Losail, Qatar. Ia yang saat itu sedang memimpin, kehilangan keseimbangan dan jatuh di tikungan 4. Pembalap Yamaha ini pun terseret beberapa meter. Untungnya ia tak mengalami cedera serius. Vinales akhirnya harus puas menempati posisi kelima dengan  1 menit 55,378 detik.

"Saya keluar jalur. Saya terlambat mengerem dan bilang 'Oke, lagi pula saya akan ke sudut'. Itu memang kesalahan saya. Saat saya jatuh, saya sebelumnya tahu akan jatuh jika melakukan hal itu. Katakan saja keadaannya akan lebih baik jika saya bisa tetap di atas motor," tuturnya kepada Crash.

Namun ia bisa bangkit kembali dan meraih hasil maksimal di sesi latihan berikutnya. Pembalap 22 tahun ini pun lagi-lagi memimpin waktu tercepat di Qatar dengan catatan waktu terbaiknya, 1 menit 54,834 detik. "Setelah tes di mana Anda memimpin sebelumnya, tentu saja Anda kembali ke lintasan dengan sedikit gugup. Anda ingin melakukan hal yang baik. Setelah kemarin, tentu saya berusaha untuk tidak gelisah," tambahnya.

Setelah hasil memuaskan dari sesi latihan kemarin dan hari ini, Vinales difavoritkan untuk meraih pole position. Namun pembalap Spanyol ini tak mau meremehkan para rivalnya.

"Entahlah, ada banyak. Ducati. Marc (Marquez). Tentu saja Marc. Anda menyaksikan (Johann) Zarco sangat dekat hari ini. (Andrea) Iannone. Ada banyak pembalap. Besok kami akan mencoba 100 persen seperti di sesi latihan pertama dan lihat saja nanti," tutupnya.