MotoGP

Belum Jadi yang Tercepat di Qatar, Marquez Salahkan Kondisi Lintasan

Sabtu, 25 Maret 2017 13:17 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Marc Marquez (kiri) sebelum jalani tes. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Marc Marquez (kiri) sebelum jalani tes.

Pembalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez secara mengejutkan masih belum bisa menjadi pembalap tercepat di tiga sesi latihan bebas MotoGP Qatar yang merupakan seri perdana di musim 2017.

Pada sesi latihan bebas pertama, ia hanya berada di dua dengan catatan waktu 1 menit 54, 912 detik, sedangkan di sesi kedua posisi merosot jauh ke peringkat sembilan dengan cattan waktu 1 menit 55,898 detik. Beruntung pada sesi yang ketiga ia sedikit memperbaikinya dengan finis di posisi tujuh dan catatan waktunya mencapai 1 menit 55,296 detik.

Terkait performanya yang justru mengalami penurunan tersebut, pembalap berjuluk Baby Alien itu mengaku kesulitan untuk mengatasi kondisi lintasan. Memang, berbeda dari hari pertama yang kering, kondisi lintasan di kedua basah karena hujan mengguyur Qatar sebelum latihan bebas kedua dan ketiga dimulai.

image article indosportPosisi terbagus yang diraih Marquez selama latihan bebas di Qatar adalah posisi 2.

"Hari ini lintasannya berbeda dari kemarin. Lintasaan yang sekarang menuntut kami para pembalap untuk lebih mengeluarkan segenap tenaga untuk bisa melaju kencang," ujar pembalap bernomor 93 itu seperti dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.

Selain kondisi lintasan, Marquez juga mengaku salah satu alasan posisinya sempat merosot jauh di tes kedua karena adanya perubahan yang ia lakukan pada motornya.

"Kemarin saya merasa tidak ada masalah dengan motor. Tapi hari ini kami melakukan sejumlah perubahan untuk menambah pegangan dan kemampuan berbelok di tikungan. Sayangnya itu tidak berjalan sesuai dengan yang kami harapkan," tukasnya.

image article indosportMarquez percaya hasil latihan bebas ini semakin meningkatkan rasa percaya dirinya.

Meski belum menjadi yang tercepat selama sesi latihan bebas, Marquez mengaku ogah menyerah dalam perebutan podium pertama dalam balapan utama pada Minggu (26/03/17) nanti.

"Saat ini kami akan melakukan pengecekan menyeluruh dan besok kami akan coba kembali berusaha menemukan pengaturan yang tepat pada motor. Hal positif yang bisa kami dapat dalam sesi ini adalah kepercayaan diri untuk terus berusaha," tutup Marquez.