MotoGP Qatar 2017

Rookie Monster Yamaha Ungkap Kejadian Aneh di Sirkuit Losail

Senin, 27 Maret 2017 11:30 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Johann Zarco tengah mengalami insiden pada balapan MotoGP Qatar 2017. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Johann Zarco tengah mengalami insiden pada balapan MotoGP Qatar 2017.

Pembalap debutan tim Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco mengungkap adanya keanehan yang terjadi dalam seri balapan pembuka MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar dini hari tadi. Kejadian aneh itu ia alami saat akan memulai balapan, Senin (27/03/17).

Zarco yang merupakan mantan juara dunia dua kali Moto2 itu sedianya tampil mengejutkan dengan langsung 'ngacir' ke posisi terdepan begitu lampu start dipadamkan. Pembalap asal Prancis itu berhasil memegang tampuk pimpinan balapan selama enam lap pertama setelah memulai start dari posisi keempat.

Namun nasib sial harus menimpanya.  Ia gagal melanjutkan balapan setelah terpelanting dari atas tunggangannya akibat sedikit kesalahan yang ia lakukan. Jika saja kesalahan itu tidak ia lakukan, bisa jadi seri pembuka MotoGP tahun ini akan menjadi momentum paling bersejarah baginya.

"Saya start dari posisi keempat dan harus sedikit berjuang untuk mendapat posisi yang baik. Kondisinya sangat aneh, tapi saya akhirnya bisa melihat lintasan dan siap untuk bertarung. Saya bisa naik ke posisi kedua dan memanfaatkannya untuk mengambil posisi terdepan," ungkap Zarco seperti dikutip dari Crash.net.

"Saya merasa sangat percaya diri karena bisa menyalip pembalap lain, dan berusaha untuk terus menggeber motor. Tapi saya melakukan kesalahan dengan sedikit melebar pada tikungan kedua, hingga tiba-tiba terjatuh," lanjutnya.

"Ini sangat memalukan. Andai saja tidak terjatuh saya mungkin bisa naik podium. Tapi sejauh ini saya cukup merasa puas, utamanya karena bisa tampil percaya diri. Saya bisa banyak belajar dari pembalap lain yang pintar mengontrol situasi. Ini pelajar besar bagi saya," pungkasnya.