MotoGP

(VIDEO) Dua Kali Jatuh di Qatar, Crutchlow Salahkan Keputusan Timnya

Selasa, 28 Maret 2017 03:40 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© fotopress/Getty Images
Pembalap asal Inggris, Cal Crutchlow dua kali terjatuh ke luar lintasan saat balapan MotoGP Qatar 2017. Copyright: © fotopress/Getty Images
Pembalap asal Inggris, Cal Crutchlow dua kali terjatuh ke luar lintasan saat balapan MotoGP Qatar 2017.

Nasib malang harus dialami oleh pembalap satu-satunya LCR Honda, Cal Crutchlow pada balapan perdana MotoGP musim 2017 di Sirkuit Losail, Qatar. Bayangkan saja, dalam balapan yang sempat ditunda dan dikurangi jumlah putarannya, pembalap asal Inggris itu dua kali terjatuh ke luar lintasan.

Akibat hal tersebut, ia gagal bersaing merebut podium juara serta gagal pula meraih poin, setelah dirinya tidak bisa menyelesaikan balapan.

Menurut pembalap kelahiran 29 Oktober 1985 tersebut, dirinya sebenarnya memiliki peluang besar untuk finis di posisi lima besar. Namun, hal itu pada akhirnya gagal akibat ia mengikuti keputusan pergantian ban yang dianjurkan oleh timnya.

"Saya mengganti ban depan saya saat berada di grid yang sama dengan Marquez. Seharusnya hal itu tidak perlu dilakukan," ungkap Crutchlow dengan nada jengkel seperti dikutip dari Crash.

"Kami tahu jelas bahwa ban medium tidak mungkin kami gunakan pada bagian depan dengan kondisi lintasan seperti itu. Pasalnya, ban itu terlalu ringan. Tapi, kami seperti dipaksa untuk melakukan pergantian tersebut.

Lebih lanjut, suami Lucy Heron tersebut menyatakan bahwa anggota timnya tidak mengerti kondisi lintasan yang basah akibat guyuran hujan, sehingga pada akhirnya membuat keputusan yang salah dan membuatnya kehilangan kesempatan menyelesaikan balapan.

"Banyak omong kosong dengan keputsan tersebut dan hal itu berada di luar jangkauan yang bisa saya lakukan," pungkasnya.

Pada balapan MotoGP Qatar itu sendiri, pembalap anyar Movistar Yamaha, Maverick Vinales berhasil keluar sebagai pemenang pertandingan. Ia disusul oleh Andrea Dovizioso di tempat kedua dan Valentino Rossi di posisi ketiga.