MotoGP Argentina

MotoGP Argentina: Cerita Valentino Rossi dan Jersey Maradona

Jumat, 7 April 2017 09:39 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Gelaran MotoGP Argentina 2017 akan berlangsung akhir pekan ini, Jumat (07/04/17) hingga Senin (10/04/17) WIB. Seri kedua MotoGP 2017 itu akan jadi momen bagi Valentino Rossi untuk kembali menunjukkan kualitasnya sebagai pembalap hebat.

Apalagi, The Doctor punya cerita indah saat tampil di Sirkuit Autódromo Termas de Río Hondo. Meski hanya finish di posisi kedua di gelaran MotoGP Argentina 2016 kemarin, namun Rossi sukses menjadi yang tercepat, mengungguli Andrea Dovizioso di posisi kedua dan Cal Crutchlow di posisi ketiga pada gelaran MotoGP Argentina 2015 lalu.

Rossi pun langsung mengenakan jersey Timnas Argentina saat hendak naik podium, dengan nomor punggung 10 dan nama Maradona. Aksi pembalap asal Italia itu pun langsung menyedot perhatian, hingga banyak yang bertanya kenapa Rossi menggunakan jersey Maradona bukan Lionel Messi?

“Saya menyukai Messi namun Maradona tetaplah Maradona,” ungkap Valentino Rossi saat berhasil juara di MotoGP Argentina 2015.

“Messi memang sangat hebat dan mungkin nomor satu di dunia, namun Maradona sudah berada di posisi itu sebelumnya,” beber pembalap kelahiran 16 Februari 1979.

Tak hanya itu, Rossi juga bercerita bahwa masa kecilnya dulu dipenuhi oleh kenangan tentang Maradona. Hal itulah yang akhirnya menjadi salah satu alasan mengapa The Doctor begitu respect kepada legenda sepakbola Argentina yang pernah bermain untuk Napoli dan Barcelona tersebut.

© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Valentino Rossi MotoGP Argentina 2015. Copyright: Mirco Lazzari gp/Getty ImagesValentino Rossi MotoGP Argentina 2015.

“Saat saya kecil, mungkin umur 7-8 tahun, saya melihat Maradona bermain di Naples (Napoli). Saat itu, ia terlihat sangat berbeda dengan pemain-pemain lainnya,” kenang Rossi.

“Niat untuk memakai jersey Maradona sebenarnya sudah ada pada tahun lalu (2014), namun sayangnya saya tidak mampu berdiri di podium pada akhir perlombaan,” lanjutnya.

Sebenarnya kedekatan Rossi dan Maradona sudah terjalin beberapa tahun yang lalu. Jauh sebelum Rossi memakai jersey Maradona di MotoGP Argentina 2015 lalu, Maradona bahkan sudah lebih dulu memberikan respect kepada Rossi.

Hal itu ditunjukkan Maradona pada gelaran Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Kala itu, Maradona mendedikasikan kemenangan Argentina atas Meksiko dengan skor 3-1 kepada sosok Rossi yang tengah cedera.

© INDOSPORT/INTERNET
Caption Copyright: INDOSPORT/INTERNETLionel Messi dan Diego Maradona.

Menariknya, meski respect kepada Rossi kala itu, Maradona juga tak lupa menyelipkan nama Lionel Messi yang menjadi bagian dari Timnas Argentina di Piala Dunia 2010.

“Saya ingin mendedikasikan kemenangan ini pada teman saya Rossi yang tengah cedera. Saya harap dirinya cepat pulih dan bisa kembali berlomba. Dia adalah yang terbaik diantara semuanya, sama halnya seperti Messi,” ungkap Maradona.

Kini, Rossi pun menatap gelaran MotoGP Argentina 2017 akhir pekan nanti. Pada gelaran seri pertama yang berlangsung di Qatar pekan lalu, Rossi hanya sukses menempati posisi ketiga di belakang Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso.