MotoGP

Ducati dan Honda Gagal Total, Vinales Juara di Argentina

Senin, 10 April 2017 03:29 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter Yamaha Indonesia
Maverick Vinales berhasil meraih gelar juara MotoGP Argentina disusul Valentino Rossi di posisi kedua. Copyright: © Twitter Yamaha Indonesia
Maverick Vinales berhasil meraih gelar juara MotoGP Argentina disusul Valentino Rossi di posisi kedua.

Pembalap anyar Movistar Yamaha, Maverick Vinales kembali menujukkan talenta yang ia miliki dengan kembali meraih podium juara saat menjalani seri kedua musim 2017 di MotoGP Argentina.

Keberhasilan Vinales itu pun terasa semakin sempurna menyusul fakta bahwa pembalap utama dua tim saingan Yamaha, yakni Repsol Honda dan Ducati tidak ada yang mampu menyelesaikan balapan.

Jalannya Balapan

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit  Autodromo Termas de Rio Hondo, Senin(10/04/17) dini hari WIB, sudah langsung diwarnai insiden jatuhnya pembalap.

Jorge Lorenzo yang kini membela Ducati pasca hengkang dari Yamaha, menjadi pembalap pertama yang gagal menyelesaikan balapan MotoGP Argentina. Pria asal Spanyol itu menabrak bagian belakang motor Andrea Iannone dan membuatnya kehilangan keseimbangan dan terjatuh ke luar lintasan.

Kejadian serupa pun dialami oleh Marc Marquez yang secara tidak gagal mengendalikan motornya dengan baik, sehingga terlempar keras ke luar lintasan. Hal itu pun cukup disayangkan mengingat dirinya tengah berada dalam posisi terdepan.

Jatuhnya Marquez pun membuat Vinales berhasil menjadi pembalap terdepan, disusul oleh  Cal Crutchlow dari tim LCR dan seniornya di Yamaha, Valentino Rossi di posisi ketiga.

Saat balapan menyisakan 12 putaran lagi, satu-satunya pembalap Honda yang tersisa, Dani Pedrosa menyusul jejak Marquez dengan terjatuh di tikungan sama. Ia pun harus merelakan tempat keempat direbut oleh Johann Zarco dari tim Tech 3.

Kegagalan Honda di Argentina itu pun diikuti oleh Ducati yang dua pembalap utamanya sama-sama gagal menyelesaikan balapan, menyusul insiden yang menimpa Andrea Dovizioso.

Pembalap asal Italia itu mengalami nasib sial setelah ikut terjatuh ke lintasan bersama dengan Aleix Espargaro. Beruntung keduanya tidak mengalami cedera serius, namun tetap saja tidak bisa melanjutkan balapan.

Memasuki tujuh putaran tersisa, Rossi yang terus berada di posisi ketiga, secara mengejutkan melakukan manuver hebat dan membuat dirinya berhasil menyalip Crutchlow di posisi kedua, sementara Vinales semakin jauh di depan.

Hingga mendekati garis finis, posisi tersebut tidak mengalami perubahan. Vinales sukses mempersembahkan podium pertama untuk kedua kalinya kepada Yamaha.

Atas hasil ini, Vinales pun semakin kokoh di puncak klasemen pembalap MotoGP 2017 dengan koleksi 50 poin, sementara di tempat kedua ditempati oleh seniornya, Rossi dengan total 36 poin.

© Crash.net
Caption Copyright: Crash.netHasil balapan MotoGP Argentina 2017.