MotoGP

Gagal Finish, Marquez Tak Mau Cari Alasan

Senin, 10 April 2017 12:25 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© JUAN MABROMATA/AFP/Getty Images
Marc Marquez. Copyright: © JUAN MABROMATA/AFP/Getty Images
Marc Marquez.

Marc Marquez gagal finish di Sirkuit Termas de Rio Hondo di GP Argentina usai jatuh saat balapan masih tersisa 22 putaran lagi, Senin (10/04/17). Padahal, saat itu ia tengah memimpin jalannya balapan sejak start dari pole position. Ia pun tak membawa pulang satu poin pun dari Argentina dan tergusur ke posisi delapan di papan klasemen sementara. Namun juara dunia MotoGP tiga kali ini tak mau mencari alasan dan mengakui bahwa ini adalah kesalahannya sendiri.

"Saya sedang di braking point untuk tikungan dua, tapi bagian depan motor terkunci dan akhirnya jatuh. Tak penting jatuh di mana, kapan, atau bagaimana. Hasil finalnya tetap nol poin," beber Marquez kepada Motorsport.

"Itu hanya kesalahan saya. Tentu saja saya sangat kecewa dengan diri sendiri karena seperti yang sudah saya bilang di Qatar, kesalahan di awal musim membuat Anda menerima hukumannya. Itu murni kesalahan saya dan saya minta maaf kepada tim dan Honda," tambahnya.

Marquez juga menyadari bahwa ia orang biasa yang tak luput dari kesalahan. Kini ia harus memfokuskan diri bersiap menuju balapan berikutnya. "Kami adalah manusia dan harus paham mengapa. Kini kami harus memikirkan balapan selanjutnya."

Balapan seri ketiga MotoGP akan berlangsung di Circuit of the Americas, 21-23 April mendatang. Sejak diadakan GP Amerika dari 2013, Marquez meraih seluruh empat pole position dan kemenangan.