Statistik Buktikan Vinales Calon Kuat Juarai MotoGP 2017

Selasa, 11 April 2017 15:14 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap anyar Yamaha, Maverick Vinales (Spanyol). Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap anyar Yamaha, Maverick Vinales (Spanyol).

Maverick Vinales tampil gemilang dalam dua seri MotoGP 2017. Performa gemilangnya tersebut membuat pembalap Yamaha itu diprediksi sebagai calon kuat juara MotoGP musim ini.

Sebagaimana diberitakan Marca, faktanya 20 dari 24 pembalap yang berhasil memenangkan dua balapan pertama memiliki peluang juara paling besar. Total, sebanyak 83,3 persen berhasil menjadi juara MotoGP.

© Twitter/@maverickmack25
Pembalap anyar Movistar Yamaha, Maverick Vinales. Copyright: Twitter/@maverickmack25Pembalap anyar Movistar Yamaha, Maverick Vinales.

Meski demikian, ada beberapa pembalap yang tidak mampu mencatatkan hasil gemilang. Mereka adalah Jim Redman yang gagal menjadi juara karena mengalami cedera. Hal yang sama juga dialami oleh Jarno Saarinen.

Satu lagi pembalap yang tidak mampu menjadi juara setelah memenangi dua balapan pertama adalah Mick Doohan. Doohan mengalami kecelakaan parah pada musim 1992 di Assen, Belanda, sehingga memaksanya absen hingga akhir musim.

Nasib sial juga dialami oleh Kenny Roberts Jr pada musim 1999. Kendati berhasil memenangi dua balapan awal, pembalap asal Amerika Serikat itu harus menyerahkan gelar juara kepada pembalap asal Spanyol, Alex Criville.

Sementara, sisanya berhasil menjadi juara dunia setelah memenangi dua balapan awal. Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez adalah sederet pembalap yang berhasil meraih pencapaian itu.

Jadi, mampukah Vinales membuktikan kebenaran statistik tersebut?