Formula 1

Salahi Aturan, Hamilton Diminta Hapus Video di Instagramnya

Selasa, 18 April 2017 16:15 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© AP
Lewis Hamilton saat menjadi runner up di GP Australia. Copyright: © AP
Lewis Hamilton saat menjadi runner up di GP Australia.

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, ditegur pihak pemilik baru Formula 1 untuk menghapus video yang baru saja diunggahnya ke akun Instagram pribadinya, @lewishamilton. Video tersebut berisikan momen saat pembalap asal Inggris ini tengah berada di pole position di Grand Prix China lalu.

Rupanya tindakan Hamilton tersebut menyalahi peraturan baru tentang izin siaran yang diterapkan Liberty Media sebagai pemilik F1. Hamilton yang tidak menyadari bahwa ia melakukan pelanggaran, segera menghapus video tersebut.

"Musim ini, Formula 1 telah menyampaikan seperangkat aturan baru tentang media sosial yang membolehkan tim dan pembalap untuk merekam aktivitas mereka agar membawa olahraga ini semakin dekat dengan para penggemar," tutur juru bicara Liberty Media.

"Seluruh tim dan pembalap telah menyambut pendekatan ini dengan antusias dan menghasilkan ketertarikan besar dari masyarakat melalui media sosial. Namun bagaimanapun, F1 tak mau para pembalap mengunggah video yang sudah dibeli izinnya oleh partner media penyiaran secara eksklusif," jelasnya lagi.

Hamilton sendiri memiliki pengikut terbanyak di Instagram dibandingkan pembalap lainnya, yakni 4,1 juta pengikut. Ia juga terhitung aktif mengunggah kegiatannya selama musim balapan atau aktivitasnya di luar balapan.