Formula 1

Sebastian Vettel dan Aroma Juara Dunia F1 2017

Selasa, 18 April 2017 08:59 WIB
Editor: Ramadhan
© Dan Istitene/Mark Thompson/Getty Images
Sebastian Vettel ketika menggeber mobilnya di Barcelona, Spanyol. Copyright: © Dan Istitene/Mark Thompson/Getty Images
Sebastian Vettel ketika menggeber mobilnya di Barcelona, Spanyol.

Pembalap andalan Ferrari, Sebastian Vettel tampil sebagai yang tercepat pada gelaran seri ke-3 F1 GP Bahrain, Minggu (16/04/17) malam WIB. Pada balapan yang berlangsung di Bahrain International Circuit itu, Vettel mengalahkan duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Podium pertama di GP Bahrain tersebut tentu menjadi hasil yang sangat bagus karena menjadi kemenangan yang ke-3 bagi Vettel di Bahrain. Tak hanya itu, kini pembalap berusia 29 tahun itu pun sudah berhasil meraih total 2 kali kemenangan dari 3 seri awal balapan F1 musim 2017 ini.

Sebelumnya, Vettel berhasil naik podium pertama di seri perdana F1 musim 2017 yang berlangsung di Australia. Sementara pada seri ke-2 yang berlangsung di China, Vettel hanya menempati podium ke-2 di bawah pembalap Mercedes, Lewis Hamilton.

Hasilnya, Vettel saat ini bertengger di puncak klasemen sementara F1 musim 2017 hingga seri ke-3. Pembalap berdarah Jerman tersebut berhasil mencatatkan total 68 poin, terpaut 7 angka dari Hamilton di posisi ke-2 dengan 61 poin, lalu di posisi ke-3 ada Bottas dengan 38 poin.

Meski begitu, nama pembalap Ferrari lainnya, Kimi Raikkonen yang menduduki peringkat ke-4 dengan catatan 34 poin dan pembalap muda Red Bull, Max Verstappen di peringkat ke-5 dengan koleksi 25 poin, tak bisa begitu saja dikesampingkan. Keduanya juga selalu memberikan tekanan bagi Vettel dan Hamilton di sepanjang balapan berlangsung.

© Twitter/F1
Sebastian Vettel menjuarai balapan GP Bahrain 2017. Copyright: Twitter/F1Sebastian Vettel menjuarai balapan GP Bahrain 2017.

Namun, jika melihat ke depan, performa apik Vettel di 3 seri awal F1 musim ini tentu menghadirkan angin segar dalam persaingan merebut gelar juara dunia. Vettel mulai menunjukkan tanda-tanda akan merusak dominasi Mercedes dalam dua musim terakhir.

Memang masih terlalu dini untuk menganggap Vettel bisa meraih gelar juara dunia F1 musim ini. Namun setidaknya, penampilan menjanjikan Vettel bersama Ferrari sejauh ini bisa menjadi alarm bahaya bagi pembalap andalan Mercedes, Lewis Hamilton.

Apalagi jika membandingkan catatan statistik Vettel bersama Ferrari atau tim Ferrari secara umum di musim 2016 kemarin dengan musim 2017 ini, maka terjadi perubahan drastis. Vettel dan Ferrari saat ini mulai menunjukkan tajinya lagi sebagai salah satu tim terbaik.

Bayangkan saja, di sepanjang balapan F1 musim 2016 kemarin, Vettel dan Ferrari tak sekalipun menang dan meraih podium pertama.

Sepanjang 21 seri balapan, Mercedes berkuasa dengan total 19 kali kemenangan dengan rincian Hamilton meraih 10 kali kemenangan dan Nico Rosberg, yang akhirnya keluar sebagai juara dunia, meraih total 9 kali kemenangan.

Lalu di awal musim 2017 ini saja, Vettel dan Ferrari langsung tampil mengejutkan dengan raihan 2 kemenangan. Dengan 17 seri tersisa, Vettel diyakini bisa bersaing untuk mempertahankan posisi teratas hingga meraih gelar juara dunia F1 musim 2017.

© Dan Istitene/Getty Images
Sebastian Vettel ketika sedang menggeber mobil Ferrari di Barcelona. Copyright: Dan Istitene/Getty ImagesSebastian Vettel ketika sedang menggeber mobil Ferrari di Barcelona.

Catatan 2 kali kemenangan dari 3 seri awal di musim 2017 ini juga kembali membuat Ferrari menikmati hasil positif terbaik mereka sejak raihan di musim 2004 silam. Kala itu, Ferrari tampil cukup digdaya dengan raihan juara dunia lewat pembalap andalan mereka, Michael Schumacher.

Sebelumnya, Vettel sudah mengoleksi total 4 gelar juara dunia namun bukan bersama tim Ferrari, melainkan saat tergabung di tim Red Bull. Menariknya, catatan juara dunia itu diraih Vettel dalam 4 musim beruntun pada tahun 2010, 2011, 2012, dan 2013.