MotoGP

Akhirnya Raih Podium Juara, Marquez: Kami Belum Sempurna

Selasa, 25 April 2017 15:07 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© @riririri_rin93
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez merayakan kemenangannya di Amerika. Copyright: © @riririri_rin93
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez merayakan kemenangannya di Amerika.

Juara MotoGP musim 2016 lalu, Marc Marquez akhirnya mengakhiri puasa podium yang ia rasakan sebelumnya di dua seri perdana MotoGP 2017 saat balapan di Circuit of the Americas (COTA).

Pembalap Repsol Honda tersebut berhasil menjadi yang tercepat dan mengasapi pembalap lainnya dengan catatan waktu 43 menit 58,770 detik. Kemenangan itu pun semakin memperpanjang dominasi Baby Alien yang selalu menjuarai MotoGP Amerika selama lima musim berturut-turut.

Podium pertamanya di musim balap 2017 tersebut pun disambut gembira oleh Marquez. Menurutnya, kemenangan dirinya saat balapan di Amerika membuat ia kembali memiliki peluang untuk mempertahankan gelar juaranya.

© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Copyright: Mirco Lazzari gp/Getty ImagesMarc Marquez telah lima kali berturut-turut menjuarai MotoGP Amerika Serikat.

"Kemenangan ini jelas sangat penting karena sekarang saya berada di peringkat tiga tabel klasemen. Sebelum balapan dimulai, saya berada di peringkat delapan dan dari situ saya berpikir bahwa kami perlu mati-matian untuk bisa di jalur persaingan juara," ujar Marquez seperti dikutip dari Motorsport.

Meski akhirnya berhasil mengakhiri puasa podiumnya, Marquez mengaku enggan terus terlena. Pasalnya, ia merasa masih banyak hal yang perlu diperbaiki, khususnya pengaturan pada motor yang ia tunggangi.

"Saya merasa motor yang saya gunakan belum sepenuhnya sempurna. Kami masih seperti kehilangan sesuatu. Kini kami punya tes penting di Le Mans dan balapan penting di Jerez."

© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Copyright: Mirco Lazzari gp/Getty ImagesMarquez berharap segera bisa menemukan pengaturan yang tepat untuk motornya.

"Kami jelas wajib mengerti kondisi permasalahan pada motor. Sebab, jika kita mengetahui masalah utama dalam motor, kami bisa memperbaikinya. Otomatis, kami juga bisa kembali ke bersaing untuk menjadi pemenang di akhir musim," tutupnya.