Formula 1

McLaren Ungkap Alasan Lepas Alonso Ikut Balapan Indy 500

Rabu, 26 April 2017 04:20 WIB
Editor: Ramadhan
© Octane/Action Plus via Getty Image
Fernando Alonso saat uji coba Sirkuit Catalunya. Copyright: © Octane/Action Plus via Getty Image
Fernando Alonso saat uji coba Sirkuit Catalunya.

Pembalap F1 dari tim McLaren-Honda, Fernando Alonso memang sudah mengumumkan akan mengikuti ajang balapan terbesar dunia, Indianapolis (Indy) 500 di Indianapolis Motor Speedway. Alonso tergabung bersama tim McLaren yang bekerja sama dengan Andretti Autosport dan Honda.

Keputusan Alonso mengikuti balapan Indy 500 pun membuat dirinya dipastikan akan melewatkan kesempatan untuk tampil di balapan F1 GP Monaco yang berlangsung pada 25-28 Mei nanti. Sedangkan Indy 500 sendiri akan berlangsung dari 15 hingga 28 Mei.

Terkait keikusertaan Alonso di ajang balapan Indy 500, tim McLaren mengungkapkan alasan mereka melepas pembalap berusia 35 tahun tersebut. Menurut Direktur Balap McLaren, Eric Boullier, alasan mereka melepas Alonso adalah agar sifat kompetitif pembalapnya tersebut tidak padam.

Pihak McLaren juga menganggap motivasi pembalapnya sebagai hal yang lebih penting ketimbang potensi raihan poin dari balapan di Monte Carlo mendatang.

“Beberapa orang menilai keputusan kami sebagai publisitas belaka, atau sebuah berita pengalihan. Terserah saja, kami memberikan kesempatan ini agar Alonso tetap termotivasi,” kata Direktur Balap McLaren, Eric Boullier seperti dilansir motosport.

© Sky Sports
Pembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso. Copyright: Sky SportsPembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso.

Eric juga menampik jika keterlibatan Alonso dalam balap Indy 500 hanya karena uang semata. Lebih dari itu, Alonso memang dianggap sebagai sosok pembalap yang kompetitif tak hanya di ajang jet darat saja, melainkan beberapa ajang balapan mobil lainnya.

“Ini juga bukan karena uang. Alonso adalah orang yang selalu kompetitif dalam setiap aktivitas yang ia lakukan, termasuk ketika ia mengemudikan mobil Gokart di trek miliknya. Ia akan selalu kompetitif seperti 10 tahun yang lalu,” sambungnya.

“Sifat kompetitif adalah salah satu bakat yang ia miliki. Jadi kami tidak ingin hal tersebut hilang dari dirinya. Salah satu cara untuk menjaga sifat kompetitif itu adalah dengan memberikannya kesempatan yang baru,” jelasnya.