MotoGP

Terungkap! Potong Jalur seperti Rossi, Lorenzo Malah Tak Kena Penalti

Rabu, 26 April 2017 05:28 WIB
Editor: Ramadhan
© Twitter
Caption Copyright: © Twitter
Caption

Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo ternyata juga melakukan aksi yang sama seperti Valentino Rossi saat menjalani seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Circuit of the Americas yakni memotong jalur. Namun, aksi potong jalur yang dilakukan Lorenzo justru tak mendapatkan penalti seperti apa yang dialami Rossi.

Race Director MotoGP, Mike Webb, akhirnya mengungkapkan alasan mengapa Lorenzo tak mendapatkan penalti, meski sama-sama memotong jalur di tikungan yang sama seperti yang dilakukan Rossi.

Webb pun menilai bahwa Lorenzo sama sekali tak mengambil keuntungan meski memotong jalur atau tak memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membuat motornya lebih dekat dengan pembalap di depannya, dengan cara menarik gas sekencang mungkin.

Pembalap asal Spanyol itu dianggap tak sengaja memotong jalur karena gagal menjaga keseimbangan motornya. Sementara pada kasus yang sama Rossi juga melakukan aksi memotong jalur lantaran menghindari senggolan dengan pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETJorge Lorenzo dan Valentino Rossi saat masih sama-sama satu tim di Yamaha.

Rossi dianggap memanfaatkan situasi itu dengan menarik gas motornya sekencang-kencang mungkin, sehingga membuat jaraknya jadi lebih dekat dengan Marc Marquez. Hal itulah yang tidak diizinkan dan akhirnya Rossi mendapatkan hukuman penalti 0,3 detik.

“Setelah kami telisik lebih dalam, Lorenzo juga memotong jalan di tikungan yang sama. Namun, ia tidak mengambil keuntungan saat melakukan hal itu (memotong jalur). Alhasil, tidak ada hukuman yang kami berikan,” kata Mike Webb seperti dilansir Crash.

Meski begitu, Rossi dan Lorenzo tetap mendapatkan hasil balapan yang berbeda di akhir balapan. Jika The Doctor berhasil menempati posisi kedua, Lorenzo justru menyelesaikan balapan di posisi kesembilan pada balapan tersebut.