MotoGP

Jatuh di GP Amerika, Pembalap Suzuki Harus Jalani Pemulihan Dua Bulan

Jumat, 28 April 2017 06:03 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Hazrin Yeob Men Shah/Icon Sportswire via Getty Images
Pembalap Suzuki, Andrea Iannone dan Alex Rins. Copyright: © Hazrin Yeob Men Shah/Icon Sportswire via Getty Images
Pembalap Suzuki, Andrea Iannone dan Alex Rins.

Pembalap rookie Suzuki, Alex Rins, harus rela tak ikut balapan seri keempat MotoGP di Sirkuit Jerez, Spanyol pada 7 Mei mendatang. Pasalnya, setelah jatuh di sesi latihan bebas pada GP Amerika lalu, tangan kirinya mengalami keretakan. Ia pun batal tampil di balapan utama.

"Kami senang operasi Alex berjalan lancar. Ini adalah hal yang terpenting. Mulai sekarang ia menjalani masa pemulihan, tapi kami menunggunya kembali sembuh 100 persen dan bisa menunggangi motor GSX-RR untuk menunjukkan bakatnya," beber bos Suzuki, Davide Brivio.

"Sementara itu, sayang sekali kami harus menggantinya. Untuk balapan Jerez, kami memutuskan untuk menurunkan Takuya Tsuda, pembalap penguji kami dan memberikannya pengalaman untuk balapan sesungguhnya," lanjut Brivio.

Rins mengalami keretakan di tangan kiri dan pinggangnya. Usai insiden tersebut, pembalap 21 tahun ini menjalani operasi di Barcelona. Tim dokter pun menyatakan Rins akan menjalani rehabilitasi yang dimulai sepuluh hari dari sekarang. Ia memperkirakan, proses penyembuhan akan tuntas pada enam hingga delapan minggu ke depan.

Jika sudah pulih benar, Rins diperkirakan akan bisa mengaspal lagi pada bulan Juni. Saat itu, ada tiga seri balapan yang akan berlangsung, yakni GP Italia (4 Juni), GP Catalan (11 Juni), dan GP Belanda (25 Juni).