(VIDEO) Uji Adrenalin 'MotoGP Mini' Hadir di IIMS

Jumat, 28 April 2017 17:57 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
MotoGP Mini di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JIExpo Kemayoran. Copyright: © Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
MotoGP Mini di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JIExpo Kemayoran.

Ada pemandangan unik di Indonesia International Motor Show (IIMS 2017). Pameran otomotif yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat sejak 27 April sampai 7 Mei 2017 tersebut menampilkan beberapa atraksi menarik.

Salah satunya adalah event 'MotoGP Mini' bernama 'Marlboro Move Race'. Event tersebut ialah balapan dengan menggunakan motor balap kecil.

Dari pantauan INDOSPORT, sejumlah pembalap dadakan mendaftar untuk mengikuti kontes tersebut. Bak balapan MotoGP sesungguhnya, pembalap diwajibkan untuk mengelilingi sirkuit buatan dan menggunakan helm yang safety.

"Untuk mengikuti event ini tidak dipungut biaya, yang penting 18 tahun ke atas," ujar koordinator event, Ikbal ketika ditemui INDOSPORT di IIMS, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (28/04/17).

Kata Ikbal, perlombaan ini merupakan perhelatan yang kedua. Sebelumnya, pihaknya telah menyelenggarakan event yang pertama di Pasar Jongkok, Taman Mini, Jakarta Timur.

"Sebenarnya, khusus di event-event otomotif, kita selalu adakan mini race seperti ini karena bagus buat branding kita, karena menarik minat banyak penonton. Tidak cuma nonton saja, pengunjung di sini juga bisa berpartisipasi untuk test drive dan ikutan lomba," ucap Ikbal.

Menurut Ikbal, tidak banyak kiat-kiat yang diperlukan untuk merajai perlombaan 'MotoGP Mini' tersebut. Peserta hanya bermodalkan jago tikung dan tekad yang kuat.

"Race ini tidak terlalu sulit, cuma butuh pembiasaan dan berani belok pakai badan. Seperti MotoGP, Valentino Rossi wanna be," tutur Ikbal.

© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
MotoGP Mini di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JIExpo Kemayoran. Copyright: Muhammad Adiyaksa/INDOSPORTKeseruan peserta balap MotoGP Mini di IIMS 2017.

Ikbal menambahkan, peserta bakal diganjar hadiah bila dapat memenangi perlombaan ini. Bukan berupa uang, namun medali serta pernak-pernik.

"Hadiahnya satu seri ada dua kualifikasi untuk mencari masing-masing 3 terbaik dari kualifikasi, nanti diadu di grand final. Podium pertama dapat medali emas, perak dan perunggu dan merchandise," imbuh Ikbal.

Perlombaan ini, lanjut Ikbal, telah dihelar sejak hari pembuka IIMS pada Kamis, (27/04/17) lalu, dan bakal diperlombakan hingga hari terakhir IIMS pada 7 Mei mendatang.

"Setiap hari ada lima seri, dari tanggal 27 April sampai 7 Mei," kata Ikbal.

"Seri pertama ada dua kualifikasi. Dari situ kan ada tiga terbaik masing-masing. Jumlah enam orang kita adu di grand final. Untuk seri hari itu juga. Dalam 1 hari ada 5 menang," pungkasnya.